Nasib Honda Mobilio di Indonesia, ‘Mati Segan Hidup Tak Mau’

Honda Mobilio di GIIAS 2019
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Hidup segan mati tak mau sepertinya menjadi pribahasa yang menggambarkan kondisi Honda Mobilio di Indonesia. Pasalnya, mobil tersebut tidak lagi menjadi tulang punggung penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM).

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

Bahkan mobil Low MPV atau Multi Purpose Vehicle itu tidak sempat berhenti produksi sementara, karena komponennya digunakan untuk Brio yang memiliki pasar lebih menjanjikan. Lantas gimana nasibnya di 2022?

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, nama Mobilio hilang dari daftar produk Honda. Sementara di tahun lalu pendistribusian mobil ke jaringan diler berhenti di Desember.

Toyota Innova Terbaru Resmi Meluncur dengan Harga Rp400 Jutaan

Penjualan Mobilio dari pabrik ke diler periode Januari sampai November tahun lalu hanya 5.199 unit, dan September hanya satu unit. Angka yang terlalu kecil jika dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya.

New Honda Mobilio.

Photo :
  • VIVA/Pius Mali
13 Tahun Punya Mobil, Suami Ini Andalkan Sang Istri Ketika Kesulitan Parkir di Rumah

“Bukannya Mobilio itu disetop, enggak. Kami hanya lebih mengutamakan produksi Brio karena permintaan lebih tinggi,” ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy dikutip Viva Otomotif, Kamis 17 Maret 2022.

Lebih lanjut Billy menjelaskan, ada beberapa komponen Brio yang serupa dengan Mobilio, namun karena permintaan pasarnya lebih besar mengingat inden mobil perkotana itu mencapai tiga bulan, maka Mobilio mengalah.

“Back ordernya dua sampai tiga bulan sekarang (Brio). Dengan adanya limitasi suku cadang, kami kosentrasi di yang permintaannya banyak. Jadi mohon maaf untuk Mobilio haru menunggu,” tuturnya.

Menurutnya permintaan Mobilio sampai saat ini masih didominasi  dari pembelian dengan jumlah banyak alias fleet. Billy berjanji jika bulan ini, mobil tersebut akan kembali diproduksi sesuai dengan kebutuhan pasar atau pemesanan diler.

Diketahui, Honda Mobilio sempat menjadi sorotan di awal kemunculannya pada September 2013. Mengingat Indonesia menjadi negara pertama yang merilis Low MPV tersebut dengan memanfaatkan platform Jazz.

Dalam kurun waktu dua tahun, mobil bermesin 1.500cc itu terjual sebanyak 122.220 unit di seluruh Indonesia. Pencapaian yang bagus untuk pendatang baru, namun lambat laut popularitasnya terus merosot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya