Mobil SUV Terkencang Incaran Konglomerat Meluncur, Ini Harganya

Ilustrasi gambar mobil Lamborghini Urus S terbaru
Sumber :
  • Carscoops

VIVA Otomotif – Mobil SUV, atau Sport Utility Vehicle sedang digandrumi, tidak heran jika sejumlah pabrikan di dunia melahirkan produk sejenis. Tujuannya untuk mendongkrak penjualan di tengah persaingan yang semakin ketat.

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Bahkan merek mobil yang biasa melahirkan super car juga ikut menciptakan SUV. Mulai dari Porsche, Jaguar, Maserati, Lamborghini, Ferrari, Aston Martin, Bentley, hingga Lamborghini.

Lamborghini Urus S, SUV terkencang

Photo :
  • Paultan.org
Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Lamborghini pertama kali meluncurkan mobil gagahnya pada 2017 lalu. Pabrikan asal Italia itu menyebut produk dengan ground clearance tinggi itu adalah Urus, secara desain tidak berbeda jauh dengan super car buatannya.

Penampilan agresif tetap dipertahankan, terutama sisi aerodinamika, banyak lekukan tajam dari bagian depan hinggga ke belakang.

Terpopuler: Mobil SUV Baru Toyota Rp147 Juta di Diler, Honda Brio Dipaksa Mundur

Di atas kertas, Lamborghini Urus generasi pertama itu menjadi SUV tercepat di dunia. Tenaganya jauh lebih besar jika dibandingkan Jaguar F-Pace, Bentley Bentayga, dan Masrati Levante di awal kemunculannya.

Mobil SUV berlambang banteng matador tersebut menggendong mesin delapan silinder, atau V8 berkapasitas 4.000cc dilengkapi dua turbo. Sehingga tenaga maksimalnya mencapai 650 dk di 6.000 rpm, dan torsi 850 Nm.

Untuk berlari dari diam ke 100 kpj (kilometer per jam), hanya butuh waktu 3,6 detik. Mobil itu dilengkapi enam pilihan berkendara, yaitu Strada, Sport, Corsa, Sabbia, Terra, dan Neve.

Mobil gagah asal negeri pizza itu juga sudah dijual di Indonesia sejak 2018 dibanderol Rp8 miliaran, artinya hanya berselang setahun setelah debutnya di Bologna, Italia.

Meski tenaganya sudah sangat buas, Lamborghini masih kurang puas dengan pencapaian tersebut. Sehingga demi memenuhi kebutuhan konsumen, khususnya pecinta adrenalin, Urus diberikan penyegaran di tahun ini.

Sebelumm menutup akhir 2022, jenama asal Italia itu merilis Lamborghini Urus S dengan beberapa perubahan. Selain dapur pacunya ditingkatkan, penampilannya dibuat lebih agresif, dan sporty meski secara jenis adalah SUV.

Kapasitas mesinnya masih sama dengan model sebelumnya, namun tenaganya meningkat 6,8 dk, atau menjadi 656,8 dk, dan torsinya masih 850 Nm. Mobil berpenggerak empat roda itu bisa melaju maksimal hingga 305 kpj.

Mengutip Paultan.org, Jumat 30 September 2022, untuk melaju dari diam ke 100 kpj waktunya menjadi 3.5 detik, dan untuk 200 kpj hanya 12,5 detik. Lantas berapa harganya?

Di negara asalnya, mobil itu hanya dibanderol 195,538 ribu Euro, atau setara Rp2 miliaran. Masih lebih murah dibandingkan saat masuk ke tanah air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya