Morris Garage Berencana Bawa MPV Listrik ke Indonesia

MG meluncurkan MPV listrik di Thailand
Sumber :
  • Paultan

Jakarta – Meskipun kendaraan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) masih sangat disukai oleh pasar otomotif Indonesia, namun segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) masih memiliki tempat tersendiri untuk konsumen Tanah Air. 

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Memahami hal ini, Arief Syarifudin selaku Marketing & PR Director MG Motor Indonesia mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan studi kalau warga Indonesia sangat mengutamakan konteks berkumpul dalam keluarga, banyak dari mereka membutuhkan mobil yang cocok untuk menampung keluarga besar, seperti segmen MPV. 

VIVA Otomotif: Marketing and PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin

Photo :
  • Dok: MG Motor Indonesia
Effort Banget, Begini Proses Lamaran Brandon Salim dan Dhika Himawan yang Penuh Kejutan

"Kalau di Indonesia, salah satu hal yang penting adalah keluarga itu berkumpul. Kalau untuk satu dua anak dan istri cukup dengan SUV atau Crossover. Tapi bagaimana dengan keluarga besar? orang Indonesia itu identik dengan kebersamaan, berkumpul dan apakah MPV menjadi jawabannya? Menurut saya iya," ujar Arief di Jakarta, dikutip VIVA Otomotif pada 12 Oktober 2023. 

Arief pun mengungkapkan bahwa MG (Morris Garage) akan segera memperkenalkan kendaraan MPV berbasis listrik untuk pasar Indonesia, tepatnya pada kuartal 3 di tahun 2024. 

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

"Karena MG saat ini kan memang berfokus pada kendaraan berbasis listrik, kemarin-kemarin kita sudah meluncurkan segmen SUV listrik, nah saat ini kita memiliki motivasi untuk menghadirkan MPV berbasis listrik di tahun 2024, mungkin di Kuartal 3," jelasnya. 

Sejauh ini, MG baru menawarkan dua model mobil listrik di Tanah Air yakni MG4 EV dan ZS EV. Tidak menutup kemungkinan akan ada MPV listrik di Indonesia ke depannya.

MG4 EV tampil dengan warna baru

Photo :
  • Arianti Widya

Mengingat MPV masih cukup diminati oleh konsumen. Morris Garage juga diklaim sudah punya teknologi mumpuni untuk kendaraan listrik.

Basis EV MG sudah mencakup small, medium MPV, SUV sampai roadster. Sehingga kehadiran MPV listrik MG masih sangat berpotensi di pasar otomotif Indonesia. 

Sebagai informasi tambahan, Morris Garage sebenarnya sudah meluncurkan MPV listrik pada ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) 2023, bernama MG Maxus 9. 

MG Maxus 9 ini memiliki panjang 5.270 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.840 mm, dan jarak sumbu roda 3.200 mm, dilansir dari Paultan. 

Pada bagian dapur pacu, MG Maxus 9 disemati motor listrik yang dipasang di depan, dengan tenaga 245 PS (241 tk atau 180 kW) dan torsi 350 Nm. Penggunaan baterai lithium-ion terner dengan kapasitas energi 90 kWh.

Di pasar Thailand, MG Maxus 9 ditawarkan dalam dua tipe, yaitu X dan V. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya