Pabrik Daihatsu Indonesia Pakai Teknologi Canggih, Bisa Kurangi Emisi Berbahaya

Panel Surya Atap di pabrik perakitan Daihatsu di Karawang Timur
Sumber :
  • Dok: ADM

Jakarta, 20 November 2023 – PT Astra Daihatsu Motor menjadi salah satu pabrikan otomotif asal Jepang, yang aktif mewujudkan gerakan ramah lingkungan.

Daftar Harga Daihatsu Xenia Bekas dan Pajak Tahunannya

Langkah terbaru mereka adalah dengan meluncurkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap atau Panel Surya di pabrik Daihatsu di Karawang. Ini merupakan bagian dari upaya ADM dalam mendukung SDGs Goal 13, yaitu Climate Action, dengan mengurangi emisi karbon dioksida.

ADM bekerja sama dengan PT Energia Prima Nusantara, untuk mewujudkan proyek pembangkit listrik dengan total kapasitas 3,2 Mega Watt peak tersebut.

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

Proyek ini merupakan kelanjutan dari fase pemasangan Panel Surya sebelumnya di Parts Center Cibitung pada 2019, dan di sebagian area Karawang Assembly Plant pada 2021.

Peresmian pemasangan panel surya pabrik Astra Motor Daihatsu

Photo :
  • Dok: ADM
Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

Dengan total kapasitas Panel Surya ADM mencapai 4,4 MWp, diperkirakan pengurangan emisi karbon yang didapatkan lebih dari 3.300 ton CO2 per tahun.

Wakil Presiden Direktur ADM, Erlan Krisnaring mengatakan bahwa mereka bersyukur dapat menerapkan panel surya secara bertahap di fasilitas pabrik perakitan Daihatsu di Karawang dalam mewujudkan pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

“Kami berharap, hal ini juga dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi yang positif pada lintas industri, juga menjaga hubungan yang harmonis dengan lingkungan demi generasi masa depan Indonesia yang lebih baik,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

Dalam konteks produksi otomotif, ADM dengan kapasitas produksi 530.000 unit per tahun telah menjadi produsen manufaktur otomotif terbesar di Indonesia. Selain memenuhi kebutuhan pasar domestik, ADM juga memasok kendaraan ke lebih dari 80 negara di seluruh dunia.

Tahun 2023 menjadi periode penting bagi ADM dengan peresmian pabrik baru yang modern dan ramah lingkungan di Karawang pada Februari lalu, serta pencapaian produksi ke-8 juta unit pada bulan Juli, terhitung sejak tahun 1978 atau 45 tahun hadir di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya