Review Mazda CX-60: Mobil yang Bisa Menyatu dengan Pengemudi

Mazda CX-60
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Jakarta, 28 Januari 2024 – Mazda CX-60 adalah SUV premium terbaru dari Mazda yang diluncurkan pada tahun 2023. Mobil ini hadir dengan desain yang elegan, interior yang mewah, dan performa yang menyenangkan.

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Desain dari Mazda CX-60 dibuat dengan mengutamakan elegan dan modern. Konsepnya memakai filosofi Jinba-ittai, yang memiliki arti manusia dan kuda sebagai satu kesatuan.

Filosofi ini mendasari desain dan pengembangan mobil Mazda, dan bertujuan untuk menciptakan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan menyatukan pengemudi dengan mobilnya.

Ban Hankook untuk Mobil Listrik Diuji Ekstrem, Ini Hasilnya

Filosofi Jinba-ittai telah menjadi salah satu faktor yang membedakan mobil Mazda dari mobil-mobil lainnya. Filosofi ini telah membantu Mazda untuk menciptakan mobil-mobil yang menyenangkan untuk dikendarai dan memberikan pengalaman berkendara yang unik.

Hal itu langsung dirasakan oleh VIVA Otomotif, saat mencoba Mazda CX-60 selama beberapa hari di kawasan Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Unit yang disediakan oleh PT Eurokars Motor Indonesia adalah CX-60 Elite Edition berkelir abu-abu.

Usai Masalah Rem Kini Viral Gardan Belakang Mobil Omoda 5 Patah, Chery Lakukan Investigasi

Mazda CX-60

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Mobil ini didominasi oleh grille besar dengan logo Mazda di tengahnya. Lampu depan mobil berbentuk sipit dan tajam, memberikan kesan sporty. Bagian samping memiliki lekukan yang tegas dan membulat, membuatnya terlihat lebih aerodinamis. Bagian belakang mobil didominasi oleh lampu belakang yang lebar dan memanjang.

Interior dari kendaraan seharga Rp1.188.800.000 on the road DKI Jakarta yang memiliki dua baris kursi ini setara dengan kabin mobil mewah buatan Eropa, yang sarat dengan kulit premium serta logam berkualitas.

Salah satu fitur canggih yang memanjakan pengemudi adalah sistem pengenal wajah, yang akan secara otomatis menyesuaikan posisi berkendara dengan tinggi badan. Saat hendak turun, jok elektrik akan mundur otomatis dan setir naik agar leluasa bergerak.

Dasbor mobil dilengkapi dengan layar infotainment berukuran 12,3 inci. Layar ini menampilkan berbagai informasi, seperti navigasi, hiburan, dan pengaturan kendaraan. Panel instrumennya juga berukuran sama, dan di atasnya disematkan Head-Up Display yang sangat membantu fokus ke jalan.

Mesin enam silinder berkapasitas 3.300cc yang dipasang dibekali dengan sistem turbo dan Mild Hybrid, dengan tujuan menekan emisi gas buang dan pemakaian bahan bakar. Konsumsi bensinnya mencapai 8 kilometer per liter, terbilang irit untuk dapur pacu berkekuatan 280 daya kuda serta torsi 450 Newton meter.

Beragam fitur keselamatan tersedia, mulai dari pemantau blind spot, sistem pengereman otomatis hingga adaptive cruise control. Demikian pula dengan fitur kenyamanan, seperti panoramic sunroof, sistem tata suara Bose dan wireless charging serta Apple CarPlay.

Ilustrasi gambar interior mobil Mazda CX-60 Terbaru

Photo :
  • Carscoops

Memasukkan barang di bagasi juga mudah berkat adanya sensor di bawah bumper, namun pengguna perlu waspada karena fitiur ini juga bisa menutup pintu bagasi saat kaki tidak sengaja berada di radius sensor.

Dengan banyaknya fitur yang dipasang serta mesin mumpuni dan desain menarik, Mazda CX-60 sangat ideal untuk digunakan sehari-hari. EMI juga menyediakan tipe Kuro Edition, yang harganya serupa namun memiliki desain interior berbeda tetapi sama mewahnya.

VIVA Otomotif: Mazda CX-60 di pameran GIIAS 2023

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya