Pabrik Raksasa BYD Ini Bisa Produksi Puluhan Mobil Listrik Per Jam

Pabrik produksi mobil listrik BYD di Changzhou
Sumber :
  • Arianti Widya

Changzhou – Produsen mobil listrik Build Your Dreams (BYD) memiliki 9 pabrik produksi di China, salah satunya berada di wilayah Changzhou. Ini menjadi bukti BYD turut berkontribusi dalam membangun ekosistem tanpa emisi.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Eagle Zhou selaku Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia mengatakan pabrik di Changzhou menjadi komitmennya dalam mendukung New Energy Vehicle (NEV) dan ini merupakan tempat perakitan mobil listrik BYD Atto 3 dan BYD Seal.

"Pabrik Changzhou menjadi landasan komitmen keberlanjutan BYD. Di sini, terdapat fasilitas yang mencakup pembuatan komponen hingga perakitan mobil listrik BYD Atto 3 dan Seal," ujarnya saat meninjau pabrik Changzhou, di China, dikutip VIVA Otomotif.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Pabrik produksi mobil listrik BYD di Changzhou

Photo :
  • Doc. BYD Motor Indonesia

Untuk diketahui, pabrik ini memiliki kapasitas produksi maksimal 300.000 unit per tahun atau setara dengan 1.200 unit mobil per hari dalam dua shift.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Jika dipecah secara kasar artinya ada sekitar 50 mobil listrik baru, yang di produksi setiap jam nya.

"Tapi angka ini bisa berubah, sesuai dengan permintaan saja. Intinya, maksimal produksi di pabrik ini di angka tersebut," ucap Eagle.

Tempat perakitan mobil listrik BYD ini memiliki luas area 11.600 meter persegi dan terbagi menjadi empat area, yaitu stamping, welding, painting, dan assembling.

Adapun, pabrik ini menggunakan mesin yang didesain sendiri sehingga berhasil mencapai efisiensi 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pabrikan lain di China.

Sebagai informasi, pabrik Changzhou ini juga menjadi tempat perakitan mobil BYD, yang akan di ekspor ke berbagai negara termasuk Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya