Prabowo Naik Mobil Puluhan Miliar saat Temui Presiden China Xi Jinping, Ini Spesifikasinya

Prabowo Subianto saat berkunjung ke China
Sumber :
  • X: Gerindra

Beijing, 1 April 2024  –   Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke China dan berjumpa dengan Presiden Xi Jinping. Dalam kunjungannya tersebut, Prabowo menggunakan mobil mewah Hongqi L5 yang memiliki harga dan spesifikasi fantastis.

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

Prabowo akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping pada hari ini, Senin 1 April 2024 waktu setempat. Nampak dalam unggahan akun X Gerindra yang dilihat VIVA Otomotif, Prabowo menaiki mobil yang diprediksi adalah Hongqi L5.

Ini terlihat dari desain velg dan logo pada mobil tersebut. Mobil Hongqi L5 merupakan kendaraan yang dipakai pemerintah China saat menyambut tamu-tamu negara.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Hongqi L5

Photo :
  • Auto.ru

Hongqi sendiri di negeri Tirai Bambu tersebut menjadi rival utama bagi mobil premium seperti Rolls-Royce. Hongqi juga menyediakan mobil limusin dengan spesifikasi super mewah dan modern untuk Presiden Republik Rakyat Cina, Xi Jinping.

Partai Gelora Tak Sudi Jika PKS Gabung Prabowo, Begini Penjelasan Fahri Hamzah

Hongqi lahir di China pada 1959, menjadikannya merek mobil penumpang tertua di sana. Hongqi dimiliki FAW Car Company, anak perusahaan FAW Group. L5 merupakan keturunan kelas mobil termewah L yang dipunyai Hongqi dengan harga belasan miliar rupiah.

Hongqi L5 sendiri hadir dalam beberapa versi, yakni buat pemerintahan, mobil parade dan versi sipil. Pada umumnya ukuran mobil ini panjang 5,55 meter, lebar 2 meter, tinggi 1,5 meter dan jarak sumbu roda 3,4 meter.

Ukuran L5 sangat panjang, Mercedes-Maybach S600 saja panjangnya cuma 5,2 meter. Mobil juga cukup berat karena dilapisi baja anti peluru, bahkan yang versi sipilnya saja memiliki berat 3,15 ton sedangkan S600 hanya 2,39 ton.

Hongqi L5

Photo :
  • Auto.ru

Untuk kenyamanan, mobil ini memiliki jok kelas atas dengan sandaran kepala yang bentuknya terinspirasi dari topi resmi di Dinasti Tang. Jok mobil ini memiliki fungsi pijat, dan diklaim kenyamanan kursi mobil ini dibuat setara dengan kabin pesawat pribadi.

Soal dapur pacunya, mobil ini dibekali mesin V12 berkapasitas 6.000 cc. Mesin tersebut sanggup hasilkan tenaga hingga 402 daya kuda pada 5.600 rpm dengan torsi maksimal 550 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga disalurkan melalui transmisi manual-auto 6 percepatan, dan memiliki kecepatan hingga 210 km/jam.

Perihal harga, kabarnya mobil ini dibanderol dengan harga 5 juta yuan, atau setara dengan Rp11 miliaran. Sedangkan Presiden China Xi Jinping sendiri memakai Hongqi N701.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya