S-Presso Bakal Gantikan Karimun dan Diproduksi Lokal? Ini Kata Suzuki Indonesia

Suzuki Spresso di GIIAS 2023
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta, 3 April 2024 – Suzuki S-Presso menjadi salah satu mobil bergaya SUV, yang jadi andalan PT Suzuki Indomobil Sales di tanah air. Model ini pertama kali hadir pada 2022, dan diklaim memiliki dapur pacu yang efisien.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

"Desain global S-Presso mengikuti tren SUV yang sedang naik daun, juga dilengkapi dengan teknologi mesin yang lebih efisien sehingga bahan bakar lebih irit," ujar Department Head Strategic Planning SIS, Joshi Prasetya, dikutip VIVA Otomotif di Jakarta.

Banyak orang yang membandingkan S-Presso dengan Suzuki Karimun, model yang juga pernah tenar di Indonesia namun tidak lagi diproduksi. Menurut Joshi, S-Presso memiliki desain yang lebih modern dan sporty, serta mesin yang lebih efisien.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

"Karimun memang masih menjadi pilihan yang populer di segmen LCGC, namun S-Presso menawarkan sesuatu yang berbeda. S-Presso cocok bagi mereka yang menginginkan mobil dengan desain yang stylish dan konsumsi bahan bakar yang irit" tuturnya.

VIVA Otomotif: Suzuki S-Presso di IIMS 2023

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Sampai saat ini, S-Presso masih didatangkan dari India yang menjadi basis produksi model tersebut. Joshi mengaku, Suzuki Indonesia belum melakukan studi khusus untuk menghadirkan S-Presso versi lokal.

"Karakter konsumen pengguna S-Presso sejauh ini tidak ada yang fatal. Artinya, S-Presso sudah cukup mumpuni untuk digunakan di Indonesia,” ungkapnya.

Sebagai informasi, untuk bisa memproduksi satu model mobil secara lokal maka perusahaan membutuhkan investasi yang sangat besar dan penjualan unitnya mencapai ribuan unit dalam kurun waktu tertentu.

"Kalau unitnya sedikit, cost besar. Kalau unitnya besar, cost unitnya bisa dikecilkan dan kami bisa memberikan mobil dengan harga terjangkau," jelas Assistnt Department Head Strategic Planning SIS, Ei Mochizuki.

Berikut daftar harga Suzuki S-Presso di Indonesia per April 2024, dengan status on the road Jakarta:
New S-Presso MT – Rp169.100.000
New S-Presso Auto Gear Shift – Rp179.100.000

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya