Begini Cara Pedagang Bikin Kabin Mobil Bekas Seperti Baru

Pasar mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Meski melirik mobil bekas, umumnya para pembeli juga ingin mendapatkan kualitas terbaik, seperti halnya membeli sebuah mobil baru. Hal itulah yang tak luput dicermati para pedagang mobil bekas agar kendaraan yang dijualnya tetap dalam kondisi bagus.

Chery Indonesia Buka Suara soal Omoda 5 Patah As Roda di Malaysia

Biasanya, yang menjadi sorotan pertama calon pembeli adalah eksterior dan interior. Karena bagian inilah yang paling terlihat jelas alias kasat mata, tanpa harus dirasakan. Tentu berbeda dengan mesin dan bagian kaki-kaki yang terkadang luput dari pandangan mata.

Menurut Sunanta, salah seorang pedagang mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta, bagian viral selain tampilan luar yakni dalam kabin. Menurutnya, interior adalah tempat di mana pengemudi menghabiskan banyak waktunya saat perjalanan. Maka dari itu, kebersihan dan kondisinya menjadi faktor penunjang, jadi atau tidaknya mobil itu dibeli.

Detik-detik Mobil Ngebut Tabrak Warung di Cempaka Putih, 7 Motor Rusak

Untuk menjaga ruang kabin dalam kondisi bagus dan bersih ada cara khusus yang kerap diterapkan pedagang mobil bekas, selain menggunakan penyedot debu untuk mengangkat kotoran.

“Kami menggunakan cairan pembersih piring atau ‘Sunlight’ untuk membersihkan panel-panel yang berbahan plastik dengan sikat gigi, kecuali dashboard,” ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat, 15 Juli 2016.

Momen Luhut Naik Kendaraan Taktis, Disopiri Danjen Kopassus Dikawal Menantu

Menurutnya, bahan plastik dashboard lebih riskan menggunakan cairan seperti itu, jadi lebih baik cukup dilap dengan microfiber saja.

“Untuk jok kalau masih terlihat baru kami hanya bersihkan saja, paling kalau ada noda sedikit menggunakan pasta gigi dan air sedikit. Tapi kalau jok fabric biasanya noda susah dihilangkan, jadi kami bungkus saja pakai sarung jok,” jelasnya.

Polisi datangi lokasi kecelakaan (Foto ilustrasi)

Tukang Taichan Syok, Lagi Asyik Ngobrol Tiba-tiba Mobil Ngebut Tabrak Warung dan 7 Motor

Mobil dengan kecepatan tinggi menabrak warung dan tujuh sepeda motor di Jalan Pramuka Raya, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024