Honda Siapkan Skuter Matik Baru, Ada Fitur Canggihnya

Honda Forza 300
Sumber :
  • Rushlane

VIVA – Skuter matik bukan hanya diminati oleh masyarakat Indonesia saja, namun juga mereka yang tinggal di Eropa. Kemudahan dalam pengoperasian, menjadi faktor utama mengapa sepeda motor jenis ini begitu digemari.

Terpopuler Otomotif: Motor Baru Honda Lebih Irit dari BeAT, Efisiensi Bahan Bakar Hyundai

Berbeda dengan di Tanah Air, skuter matik yang dipasarkan di Benua Biru memiliki spesifikasi mesin khusus. Contohnya, Honda Forza hadir di sini dengan kapasitas mesin 250cc, sementara di Eropa 300cc.

Adanya regulasi baru dalam hal ambang batas emisi, membuat Honda Eropa harus mengubah spesifikasi mesin. Dilansir dari Greatbiker, Senin 9 Maret 2020, Forza nantinya akan hadir dengan mesin baru.

Terpopuler Otomotif: Motor Baru Lebih Irit dari Honda BeAT, Pungli Tiap 2 Meter di Bekasi

Jika saat ini kapasitas Forza di Eropa adalah 300cc, maka nantinya Honda akan menghadirkan versi 350cc. Adanya kenaikan kapasitas itu diperlukan, untuk tetap menjaga performa mesin akibat adanya saringan knalpot yang lebih rapat.

Tak hanya itu, Honda juga berencana mengenalkan teknologi Variable Valve Timing and Lift Electronic Control? atau VTEC pada motor tersebut. Fitur canggih ini sebelumnya sudah hadir pada mobil rancangan Honda, sejak era 90-an.

Triumph Chrome Edition Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp370 Jutaan

Dengan adanya VTEC, maka takaran bensin yang digunakan akan lebih optimal karena katup bisa dibuka dengan durasi dan ketinggian yang berbeda.

Fitur terakhir yang juga akan dipasang, yakni idling stop system. Sama seperti yang tersedia di skuter matik Honda di Indonesia, fitur ini akan secara otomatis mematikan mesin ketika sedang terjebak macet atau antre di lampu merah. Rencananya, peluncuran Forza 350 akan dilakukan pada akhir 2021

Pemkab Wonogiri kasih motor dinas Yamaha Aerox ke  Sekcam

Enaknya Jadi PNS, Baru Masuk Kerja Setelah Lebaran Dikasih Motor Baru

PNS yang mendapatkan motor baru tersebut adalah Camat yang bertugas di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Para pimpinan wilayah itu diberikan Yamaha Aerox secara simbolis..

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024