Buatan Pulogadung, Mesin Yamaha XMAX Baru Lebih Ramah Lingkungan?

Yamaha XMAX baru uji coba di jalan raya
Sumber :
  • Rideapart

VIVA Otomotif – Ada beberapa motor Yamaha buatan Pulogadung, Jakarta Timur yang di ekspor ke negara lain. Salah satunya Yamaha XMAX, matik berbadan bongsor tersebut telah di kapalkan ke Eropa sejak beberapa tahun lalu.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Yamaha XMAX yang dijual untuk pasar benua biru tersebut memiliki sedikit perbedaan dari penampilan luarnya. Selain itu, dapur pacunya mengandalkan mesin bensin satu silinder berkapasitas 300cc dengan teknologi Bluecore.

Enjin empat langkah SOHC tersebut dapat menyemburkan tenaga maksimal 27,6 dk, di 7.250 rpm, dan torsi 29 Nm di 5.750 rpm. Mengandalkan kompresi ruang bakar 10,9 banding satu, dan diameter silinder 70 mili meter.

Daftar Motor Matik Bekas Paling Laku di Pasaran

Selain dari kapasitas mesin, dan tenaga lebih besar, XMAX untuk pasar Eropa sudah menganut standar emisi yang lebih tinggi, yaitu Euro 4.

Sedangkan XMAX di Indonesia hanya mengandalkan mesin 250cc dengan standar emisi Euro 3. Untuk kompresinya 10,5 banding satu dengan tenaga maksimal 22,5 dk di 7.000 rpm, dan torsi 24,3 Nm di 5.500 rpm.

Enaknya Jadi PNS, Baru Masuk Kerja Setelah Lebaran Dikasih Motor Baru

Mengingat aturan emisi di Eropa semakin tinggi, maka agar matik yang masuk dalam keluarga maxi itu bisa tetap dipasarkan otomatis perlu melakukan perubahan.

Mengutip Rideapart, Rabu 14 September 2022, diam-diam Yamaha sedang mempersiapkan XMAX baru untuk negara tersebut. Hal itu diketahui, saat produk barunya itu tertangkap kamera sedan uji coba di jalan raya.

Meski dibalut kamuflase, namun terlihat bahwa penampilan XMAX baru itu berbeda dari generasi sebelumnya. Kabarnya selain mengubah penampilannya, enjin di dalam matik tersebut sudah berstandar Euro 5.

Yamaha XMAX baru uji coba di jalan raya

Photo :
  • Rideapart

Artinya secara emisi lebih rendah, alias lebih ramah lingkungan dibandingkan versi sebelumnya. Tidak ada informasi terkait waktu peluncuran matik pesaing Honda Forza tersebut.

Namun dengan munculnya model terbarunya tersebut di benua biru, maka tidak menutup kemungkinan di Indonesia juga akan hadir. Mengingat sebagai basis produksi XMAX sejak pertama kali hadir pada 2017.

Saat dikonfirmasi Viva, terkait Yamaha XMAX baru untuk pasar Eropa adalah buatan lokal, Assistant General Manager Marketing Public Relation, PT YIMM, Antonius Widiantoro masih enggan berkomentar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya