Untung Rugi Jaket Jeans Dipakai untuk Naik Motor

Jaket jeans motor.
Sumber :
  • Beautyshop

VIVA.co.id – Jaket sejatinya, merupakan perlengkapan wajib yang perlu dikenakan para pengendara sepeda motor. Jaket berfungsi sebagai pelindung tubuh dari angin dan juga air. Tanpa jaket, tubuh pengendara bisa dengan mudah terserang penyakit, terutama saat bepergian jarak jauh.

Cara Mudah Dapatkan Diskon Aksesori dan Apparel Premium

Salah satu jenis jaket yang dipilih banyak biker adalah model jeans. Selain dianggap lebih stylish dan macho, penggunaan jaket berbahan jeans juga dipandang lebih aman ketimbang model parasut, saat terjadi gesekan jika mengalami kecelakaan. Benarkah pameo tersebut?

Marketing Communication and Community Development Respiro Indonesia, Tedy Suryadi mengakui, banyak masyarakat yang menggunakan jaket, tidak hanya dilihat dari sisi keamanan saja, tetapi juga dari sisi lifestyle.

Segini Harga Interkom Branded Termurah di Pameran IIMS 2024

"Orang menggunakan jaket, jelas pertama menjaga suhu tubuh dari dingin, atau pun panas. Karena, memang negara kita tropis, menggunakan material yang high durrability itu kan panas, sehingga orang mikir mending pakai bahan levis saja, karena pori-pori benang lebih besar dan relatif angin banyak masuk ke jaket. Gaya juga dapat," kata Tedy kepada VIVA.co.id, Rabu 14 Desember 2016.

Tedy juga membenarkan, menggunakan jaket model denim seperti jeans juga diuntungkan, karena dapat menahan gesekan, ketika pengendara mengalami kecelakaan. "Bisa, tetapi itu kalau memang bahan levisnya tebal ya, dia bisa menahan gesekan. Jadi, tergantung kualitas bahannya," ujarnya.

Pertamina Lubricants Ajak Ratusan Bikers Nonton MotoGP Valencia 2023

Meski demikian, penggunaan jaket berbahan denim juga banyak efek buruknya. Salah satunya pada saat digunakan di malam hari, pengendara akan mengalami efek dingin berlebih, karena bahan yang digunakan tidak windproof (tahan angin). "Buruknya, pada saat malam hari, suhu dingin itu cenderung sangat dingin, karena angin yang masuknya itu cukup besar," ujarnya.

Tetapi, jika ditarik garis kesimpulan, secara objektif penggunaan jaket berbahan denim sebetulnya tidak masalah dan sah-sah saja digunakan untuk berkendara. "Tetapi, itu lebih ke arah fashion bukan fungsional. Kalau fungsional jaket improvement waterproof, atau material banyak kampas yang lebih aman sebetulnya," tuturnya. (asp)

Aksesori dan apparel preloved

Cara Mudah Beli Apparel Premium di Bandung dengan Harga Miring

Penggunaan apparel premium juga mendukung fashion dan tampilan bikers.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024