Fungsi Jaket Bagi Bikers, Bukan Hanya Pelindung Kecelakaan

Sebagian pengendara motor naik dan turun dari sebelah kiri. Foto: tiga biker wanita unjuk kebolehan di Sirkuit Sentul.
Sumber :
  • Yamaha Motor

VIVA – Penggunaan jaket bagi pengendara sepeda motor saat berkendara menjadi kebutuhan wajib. Selain difungsikan sebagai alat proteksi diri dari potensi benturan bila terjadi kecelakaan, jaket memiliki fungsi penting lainnya.

Cara Mudah Dapatkan Diskon Aksesori dan Apparel Premium

Dokter sekaligus Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Agus Dwi Susanto mengatakan di sisi lain jaket punya fungsi penghangat dan pencegahan terhadap angin ke area dada. Udara dingin yang menerpa badan bisa menyebabkan penurunan suhu tubuh.

"Suhu tubuh yang normal kan 35 sampai dengan 36 derajat celsius, bisa turun.  Ini mengganggu sistem tubuh seperti sirkulasi, kekebalan tubuh lokal," kata Agus kepada VIVA di Jakarta.

Segini Harga Interkom Branded Termurah di Pameran IIMS 2024

Bila pengendara motor menggunakan jaket saat berkendara apalagi dalam perjalanan jauh maka hal itu bisa menjaga sistem kekebalan tubuh dan sirkulasi udara dalam tubuh.

"Kalau pakai jaket, badan dijaga tetap stabil suhunya. Tidak pakai jaket Ini mengganggu sistem tubuh seperti sirkulasi, kekebalan tubuh lokal, kalau ini terjadi risiko penyakit meningkat," ujarnya menambahkan.

Pertamina Lubricants Ajak Ratusan Bikers Nonton MotoGP Valencia 2023

Ia menjelaskan, lebih parah lagi jika pengendara sepeda motor selain tidak menggunakan jaket ditambah pula tidak menggunakan masker saat berkendara di jalan, maka bisa jadi berpotensi menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan.

"Makanya kalau mengendarai sepeda motor pada malam hari atau di daerah dingin, penting bagi pengendara untuk memakai jaket," kata dia.

Aksesori dan apparel preloved

Cara Mudah Beli Apparel Premium di Bandung dengan Harga Miring

Penggunaan apparel premium juga mendukung fashion dan tampilan bikers.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024