Tips Mengatasi Bosan saat Mengemudi Mobil di Tengah Kemacetan

Ilustrasi kemacetan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Jakarta, 21 November 2023 – Macet merupakan salah satu fenomena yang umum terjadi di kota-kota besar, seperti DKI Jakarta atau Surabaya.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Bahkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu menyebut bahwa warga DKI Jakarta mengalami kerugian hingga triliunan rupiah yang disebabkan kemacetan per tahunnya. 

Kemacetan juga membuat perjalanan menjadi lebih lama dan membosankan, terutama bagi pengemudi mobil yang harus mengoperasikan kendaraan.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips mengatasi bosan saat mengemudi mobil saat macet. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dicoba, dikutip VIVA Otomotif dari laman Hyundai Indonesia:

Mendengarkan musik
Mendengarkan musik adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan rasa bosan. Pilihlah musik yang Anda sukai, dan putarlah dengan volume yang cukup agar Anda dapat menikmatinya.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Melakukan peregangan
Peregangan dapat membantu Anda untuk menghilangkan rasa kaku dan pegal akibat duduk terlalu lama. Anda dapat melakukan peregangan sederhana, seperti menggerakkan leher, tangan, dan kaki.

Mengobrol
Jika Anda mengemudi bersama teman atau keluarga, Anda dapat mengobrol untuk mengusir rasa bosan. Obrolan dapat membantu Anda untuk tetap fokus dan tidak lelah.

Menikmati kudapan
Kudapan atau snack dapat membantu Anda melewati kebosanan. Cemilan bisa memberikan aktivitas ringan untuk Anda, dan mungkin dapat meredam rasa lelah karena terjebak macet untuk waktu lama. Namun, jangan terlalu banyak agar tidak mengganggu jadwal makan.

Berhenti sejenak
Jika kemacetan terlalu parah, Anda dapat berhenti sejenak di tempat yang aman. Anda dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat, makan, atau minum.

Pastikan untuk tetap fokus pada kondisi jalan saat mengemudi, bahkan saat Anda sedang melakukan aktivitas lain untuk mengusir rasa bosan. Anda juga harus tetap waspada terhadap potensi bahaya, seperti kecelakaan atau kejahatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya