Logo BBC

John Wick 3: Cecep Arif Rahman dan Yayan Ruhian Angkat Silat Indonesia

Cecep Arif Rahman (kiri), Yayan Ruhian menghadapi John Wick, yang diperankan Keanu Reeves dalam John Wick 3. - Getty Images
Cecep Arif Rahman (kiri), Yayan Ruhian menghadapi John Wick, yang diperankan Keanu Reeves dalam John Wick 3. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

John Wick 3, film laga dengan bintang utama Keanu Reeves mengangkat dua pesilat Indonesia, Cecep Arif Rahman dan Yayan Ruhian. Keanu Reeves menyebut kedua sosok tersebut, "luar biasa."

Dalam film laga ini, karakter John Wick berhadapan "dua lawan satu" melawan Cecep dan Yayan yang menggunakan sejumlah jurus silat.

Melalui trailer film yang telah diputar perdana di New York tanggal 9 Mei lalu, dua bintang silat Indonesia ini menggunakan senjata tradisional karambit, tak seperti lawan lainnya yang lebih banyak menggunakan senjata api.

Dalam pembuatan film ini, Cecep mengatakan sutradara Chad Stahelski "ingin menunjukkan (bela diri) khas Indonesia" dan mempersilahkan merubah gerakan" sesuai dengan jurus-jurus silat.

"Dia (Keanu) bilang silat punya keunikan sendiri, makanya Keanu dan Chad mau juga menampilkan kekhasan indonesia. Jurus disesuaikan (dengan koreografi yang telah ditetapkan), ada berapa gerakan, dari awal sampai akhir fighting ...Mungkin ada beberapa bagian yang diadopsi," kata Cecep kepada BBC News Indonesia.

"Walau ada masukan dari kita, yang John Wick lakukan tetap John Wick, ada teknik yang kita masukkan, namun tidak merubah (koreografi laga) John, Wick. Dia menyerap, mengadopsi gerakan dari kita dan diselaraskan dengan jurus dia," tambahnya.

Film ini merupakan lanjutan dari John Wick 2, yang pada penghujung cerita menceritakan dimulainya perburuan para pembunuh bayaran dunia terhadap karakter John Wick dengan bayaran US$14 juta.