275 Film Pendek dari 69 Negara Bakal Diputar di Bali

Ilustrasi bioskop/menonton film.
Sumber :
  • Freepik/freepik

BALI – Minikino Film Week ke-9 (MFW9) kembali digelar tahun 2023 ini. Sekitar 275 film pendek dari Indonesia maupun luar negeri akan diputar selama 9 hari di 13 lokasi di Pulau Dewata, Bali. Film maker yang jadi peserta berasal dari 69 negara.

Bocah di Buleleng Bali Diduga Dicabuli Ayah Kandungnya di Kos-kosan

Direktur Festival MFW9 Edo Wulia mengatakan, ada 1.111 judul film pendek yang didaftarkan melalui kanal online Short Film Depot dan Filmfreeway. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

"187 film yang lolos seleksi, termasuk film-film dari Indonesia. Di sini, Minikino juga berkolaborasi menampilkan program film pendek tamu serta program film di market screening," jelas Edo di Denpasar, baru-baru ini.

Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

Menurutnya, seluruh pemutaran film dan diskusi diselenggarakan secara luring. Sedangkan forum dalam short film market diselenggarakan secara daring.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

"Ini untuk memberi akses lebih luas terhadap penonton publik, serta partisipan film maker dan pembicara yang tidak bisa hadir secara langsung," jelasnya.

Sementara, Programmer Minikino Fransiska Prihadi menambahkan, perjalanan Minikino Film Week dalam 10 tahun terakhir diakui banyak tantangan. Namun, tahun ini sudah cukup stabil dibanding tahun-tahun lalu saat pandemi COVID-19.

Menurut Fransiska, di awal festival tantangan muncul dari respons penonton yang jumlahnya di luar ekspektasi. 

"Kita bikin riset kecil, ternyata persoalannya tidak terlalu menikmati pemutaran Minikino karena ada diskusinya," kata Fransiska.

Dalam penelusuran selanjutnya, ditemukan kendala bahwa film yang diputar tidak disertai sub title bahasa Indonesia. 

"Saat ini, seluruh film dalam program ini dilengkapi dengan panduan rekomendasi batas usia, dan takarir Indonesia. Beberapa program film juga akan didampingi oleh relawan profesional sebagai active listener dari Ikatan Psikologi Klinis HIMPSI Wilayah Bali," jelas Fransiska. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya