Film Dokumenter Kasus Jessica Wongso Ungkap Pengakuan Psikolog Forensik Diberi Uang Tutup Mulut

Dokumentar kisah kopi sianida Jessica Wongso bakal tayang di Netflix
Sumber :
  • IG @netflixid

Jakarta – Film dokumenter berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso telah tayang di Netflix pada hari, Kamis 28 September 2023 kemarin. Film ini mengulas kasus kontroversial yang terjadi pada tahun 2016 lalu, yaitu kasus kopi sianida yang merenggut nyawa Wayan Mirna Salihin.

Baru Lunas di Usia 45 Tahun, Meisya Siregar Ingatkan Gen Z Soal Rumah KPR

Di dalam film dokumenter itu ada hal yang menarik, yaitu dihadirkannya Reza Indragiri yang merupakan seorang Psikolog Forensik. Ia mengungkapkan bahwa dirinya sempat diberi uang untuk tutup mulut.

Film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso

Photo :
  • Netflix
Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Sebelumnya, Reza mengkritik saksi ahli yang dihadirkan di persidangan mengenai teori Fisigomi raut wajah, yang mengganggap Jessica sebagai orang pendendam dilihat dari wajahnya.

“Ada ahli yang coba memberikan label, ‘Wah ini memang orang jahat, memang kriminal sejati’, dengan cara apa? Melihat bentuk hidung, atau dengan bentuk muka. Itu teori usang,” ungkap Reza.

BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen

Kemudian, Ia menjelaskan bahwa dirinya menerima telepon dari pihak yang tidak disebutkan untuk berhenti bicara mengenai kasus ini.

“Sampai sekarang, hanya pada kasus si Mirna, ada pihak tertentu yang sampai kemudian menelepon saya dan meminta saya untuk berhenti bicara,” tuturnya

Reza berucap juga ada pihak yang memasukkan uang ke dalam tasnya, dan Ia menafsirkan bahwa cara itu agar dirinya tidak bicara terkait kasus ini.

“Ada pihak tertentu yang memasukkan uang ke dalam tas saya, maka saya tafsirkan hal itu merupakan sebuah cara agar saya tidak banyak bicara dalam kasus ini,” ungkapnya.

Hal tersebut membuat dirinya memiliki kekhawatiran mengenai kasus ini, karena ia yang notabene hanya orang biasa saja diberikan sejumlah uang. Apalagi orang yang memiliki otoritas atau kekuasaan.

Psikologi Forensik, Reza Indragiri

Photo :
  • YouTube tvOne

“Kalau saya notabenenya orang biasa yang tidak punya sangkut paut dengan kasus ini, kenapa orang itu mau kasih saya uang? Saya khawatir bahwa ke otoritas penegak hukum, justru pihak ini yang tidak bertanggung jawab, juga ngasih uang, dalam jumlah yang lebih besar. Kekhawatiran yang seperti itu,” pungkasnya.

Perlu diketahui film dokumenter berdurasi 1 jam 20 menit ini menggambarkan dua sisi yang berlawanan. Yakni pihak yang meyakini Jesicca adalah si "pembunuh" serta pihak yang percaya bahwa Jessica bukanlah pembunuh Mirna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya