Jabatan Reza Rahadian Sebagai Ketua FFI Berakhir, Siapa Penggantinya?

Reza Rahadian
Sumber :
  • Dokumentasi WeTv

JAKARTA – Reza Rahadian telah menjabat sebagai Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) selama tiga tahun mulai 2021 hingga 2023. Dengan begitu, gelaran Malam Anugerah FFI pada 14 November 2023 mendatang menjadi yang terakhir bagi Reza Rahadian dalam masa jabatannya.

Zendaya dan Tom Holland Dikabarkan Bakal Menikah, Benarkah?

Setelah tiga tahun menjabat, Reza Rahadian mengakui ada banyak pelajaran sekaligus cobaan yang ia terima. Aktor tersebut juga sudah menciptakan banyak hal baru dalam keanggotaan FFI maupun dalam penyelenggaraan acaranya. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Untuk itu, Reza Rahadian berharap ke depannya sistem-sistem yang sudah ia buat ini bisa diteruskan oleh kepengurusan selanjutnya. Akan tetapi, wewenang untuk melaksanakan regulasi-regulasi itu kembali lagi pada keterlibatan Badan Perfilman Indonesia (BPI) yang akan memberikan keputusan.

Demi Dalami Peran, Shareefa Daanish Rela Dimake Up Selama Berjam-jam

"Kalau yang ditinggalin legacy-nya tentu apa yang sudah kami coba lakukan ya sistem tata kelola, sistem Festival Film Indonesia-nya. Mudah-mudahan itu bisa diteruskan, tapi otoritas itu memang adanya bukan pada kami tapi pada Badan Perfilman Indonesia (BPI)," ujar Reza Rahdian, saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis 2 November 2023.

Ada Sabu dan Ekstasi saat Polisi Tangkap Artis Rio Reifan

"Jadi kami menyerahkan laporan kami, apa yang sudah dilakukan selama 3 tahun dan mudah-mudahan apa yang dirasa baik bisa diteruskan apa yang harus dievaluasi silakan," tambahnya.

Meski pihak BPI tidak dapat hadir secara langsung dalam konferensi pers menjelang perhelatan FFI 2023, Reza Rahadian menekankan hubungan antara komite FFI dan BPI yang masih berjalan dengan sangat baik. Kedua pihak masih terus komunikasi soal progress acara secara rutin. 

Reza Rahadian dan anggota kepengurusannya selalu melaporkan perkembangan acara FFI kepada BPI dan begitu pula sebaliknya.

"Selalu baik, BPI kan yang menunjuk kami juga. Jadi komunikasi kami jaga kami laporan terus dengan BPI setiap bulan itu pasti tentang progress kegiatan dan mereka juga update kepada kami sudah sejauh mana persiapan FFI," jelas Reza.

Dengan berakhirnya masa jabatan Reza Rahadian sebagai Ketua Komite FFI 2021-2023, belum diketahui siapa calon penggantinya yang akan menjabat di tiga tahun ke depan.

Reza Rahadian

Photo :

Garin Nugroho selaku Komite Bidang Penjurian FFI 2021-2023 berharap, BPI bisa memilih ketua baru dengan sistem pemilihan yang demokratis, di mana asosiasi-asosiasi terkait akan dilibatkan di dalamnya.

"Ya semoga BPI bisa melahirkan sistem pemilihan ketua baru dengan cara demokratis dengan mengajak asosiasi-asosiasi untuk mencalonkan," kata Garin Nugroho.

Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023 akan digelar pada 14 November 2023 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta pada pukul 19:00 WIB. Malam Anugerah FFI 2023 juga akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia.

Setelah mengumumkan daftar nominasi pada 14 Oktober 2023 di Museum Nasional Indonesia, kini saatnya puncak penghargaan perfilman tertinggi di Indonesia akan dilangsungkan. Malam Anugerah FFI 2023 mengambil tema dan konsep "Citra" yang menjadi nama penghargaan FFI sejak 1967. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya