Asha Smara Darra alias Oscar Lawalata Masuk di Nominasi Aktris Terbaik FFI 2023

Asha Smara Darra atau Oscar Lawalata
Sumber :
  • IG @ceritafilmsara

JAKARTA – Asha Smara Darra, yang lahir dengan nama Oscar Lawalata, berhasil masuk dalam daftar nominasi Pemeran Utama Perempuan Terbaik di ajang prestisius Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023. Nominasi tersebut didapatkannya lewat perannya dalam film berjudul Sara. Meskipun ini menjadi sebuah pencapaian yang membanggakan, namun keputusan ini juga memicu pro dan kontra di kalangan pecinta film tanah air.

Cerita Unik Muzakki Ramdhan Tentang Menyatu dengan Reza Rahadian di Film Siksa Kubur

Kontroversi ini muncul lantaran Asha merupakan seorang transpuan. Timbul pertanyaan apakah pantas seorang transpuan dinominasikan dalam kategori perempuan. Menanggapi hal tersebut, Reza Rahadian, selaku Ketua Komite FFI periode 2021-2023, memberikan penjelasan. Scroll lebih lanjut ya.

Menurut Reza, nominasi untuk kategori aktor dan aktris, baik utama maupun pendukung, sepenuhnya merupakan keputusan dari produser film tersebut. Komite FFI hanya bertindak sebagai pihak yang memberikan formulir untuk diisi oleh produser. Dalam formulir tersebut, produser menuliskan nama-nama dan kategori aktor yang ingin diajukan. "Jadi keputusan itu adanya bukan di komite, tetapi produser yang mendaftarkan," ujar Reza Rahadian.

Prilly Latuconsina Didapuk Jadi Ketua Pelaksana Festival Film Indonesia 2024-2026

Reza Rahadian juga menambahkan, "Misalnya saya bermain dalam sebuah film, di mana peran saya mungkin cukup banyak di film itu tapi tiba-tiba produser berpikir saya akan didaftarkan untuk kategori pemeran pendukung." Dengan demikian, keputusan untuk menominasikan Asha Smara Darra dalam kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik sepenuhnya berasal dari pihak produser film "Sara".

Biaya Layanan Tokopedia Naik 9 Hari Lagi

Setelah didaftarkan, nama Asha Smara Darra kemudian mendapatkan persetujuan dan diumumkan oleh pihak FFI 2023 setelah memperoleh cukup banyak suara dari beberapa akademi.

Konferensi pers ajang malam puncak FFI 2023

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

"Dan kami umumkan ketika namanya sudah ada di vote oleh cukup banyak oleh akademi juga, sehingga memasuki urutan menjadi salah satu nomine di dalam pemeran utama wanita terbaik," tutur Reza Rahadian.

Selain Asha Smara, nominasi itu juga diisi oleh Aurora Ribero (Like & Share), Jajang C Noer (Onde Mande!), Laura Basuki (Sleep Call), dan Sha Ine Febriyanti (Budi Pekerti).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya