Kisah Spiritual 6 Artis Indonesia yang Memutuskan Mualaf, Dian Sastro Usai Bom Bali

Dian Sastrowardoyo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

Jakarta – Kisah artis yang memutuskan untuk memeluk agama Islam selalu menarik untuk ditelusuri. Perjalanan hidayah yang mereka alami tidak hanya menginspirasi, tetapi juga memperkuat keimanan umat Islam secara keseluruhan. Di Indonesia, fenomena ini bukanlah hal yang jarang terjadi. 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Banyaknya artis yang memilih untuk menjadi mualaf menunjukkan beragamnya motif di balik keputusan tersebut. Ada yang dipengaruhi oleh hubungan asmara sebelum perkawinan, ada pula yang merespons panggilan batin yang kuat. Rangkaian alasan yang melandasi keputusan mereka memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai fenomena ini.

1. Dian Sastro

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Dian Sastrowardoyo

Photo :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

Dian Sastrowardoyo, seorang aktris yang dikenal lewat film Ada Apa dengan Cinta, memiliki latar belakang keluarga yang beragam dalam keyakinan. Ayahnya adalah seorang penganut Buddha sementara ibunya beragama Katolik. 

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Pada tahun 2002, Dian mengambil keputusan untuk memeluk agama Islam setelah mengalami perjalanan spiritual di Pulau Dewata pasca tragedi bom Bali. Transformasi ini tidak hanya didorong oleh pengalaman pribadi, tapi juga oleh bantuan yang diterimanya dari seseorang yang tidak dikenal.

Marcell Siahaan.

Photo :
  • Instagram/marcellsiahaans

Marcell Siahaan memiliki perjalanan spiritual yang menarik perhatian banyak orang. Sebelum memeluk Islam, Marcell telah menjalani beberapa agama, mulai dari Kristen, Buddha, hingga akhirnya menetapkan pilihannya pada Islam. 

Meskipun banyak yang mengaitkan keputusannya dengan peran sang istri, Rima Melati Adams, Marcell menegaskan bahwa keputusannya ini tidak dipengaruhi oleh faktor tersebut, melainkan merupakan hasil dari proses yang berlangsung selama dua tahun pasca pernikahan mereka.

Reza Rahadian

Photo :
  • IG @officialpilarez

Ia adalah seorang aktor terkenal di Indonesia yang memiliki latar belakang agama Kristen. Namun, pada usia 19 tahun, Reza memutuskan untuk memeluk agama Islam, menjadikannya satu-satunya muslim dalam keluarganya. Keputusannya ini didasari oleh panggilan batin yang kuat, dan meskipun berbeda keyakinan, hubungan Reza dengan keluarganya tetap harmonis.

Dewi Sandra.

Photo :
  • VIVA/Diza Liane Sahputri

Dewi Sandra awalnya memeluk agama Islam setelah menikah dengan Surya Saputra pada tahun 2000. Namun, setelah bercerai dan menikah kembali dengan Glenn Fredly, ia meninggalkan Islam. 

Namun, keyakinannya kembali kepada Islam jauh sebelum menikah untuk ketiga kalinya dengan Agus Rahman. Perubahan ini tidak hanya terlihat dari segi keyakinan, tetapi juga dalam praktek, seperti memakai hijab.

5. DJ Katty Butterfly

Dj Katty Butterfly

Photo :
  • Instagram @dj_kattybutterfly36

Keputusan DJ Katty Butterfly untuk memeluk agama Islam mengejutkan banyak pihak, terutama mengingat profesinya yang berada di industri malam yang sering dianggap kontroversial. Namun, hal ini tidak menghentikannya untuk menemukan jalan keagamaannya. Pada 29 Oktober 2020, DJ Katty resmi memeluk Islam dengan bimbingan dari Gus Miftah.

Deddy Corbuzier

Photo :
  • IG @mastercorbuzier

Deddy Corbuzier mencuri perhatian publik saat ia mengumumkan keputusannya untuk memeluk Islam pada tanggal 21 Juni 2019. Meskipun banyak yang berspekulasi bahwa keputusannya ini dipengaruhi oleh hubungannya dengan Sabrina Chairunnisa, Deddy menegaskan bahwa hidayah yang diterimanya tidaklah dipaksakan atau ditentukan oleh hal tersebut. Keputusannya ini merupakan hasil dari pertemuan dengan teman-teman yang membawakan pengaruh positif dalam hidupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya