Gak Suka Gimmick, Reza Rahadian Tiadakan MC di Malam Anugerah FFI 2023

Reza Rahadian
Sumber :

JAKARTA –  Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023 akan digelar pada 14 November 2023 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta pada pukul 19:00 WIB. Malam Anugerah FFI 2023 juga akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia.

Ada Sabu dan Ekstasi saat Polisi Tangkap Artis Rio Reifan

Setelah mengumumkan daftar nominasi pada 14 Oktober 2023 di Museum Nasional Indonesia, kini saatnya puncak penghargaan perfilman tertinggi di Indonesia akan dilangsungkan. Malam Anugerah FFI 2023 mengambil tema dan konsep "Citra" yang menjadi nama penghargaan FFI sejak 1967. FFI 2023 sekaligus menjadi tahun terakhir untuk Komite FFI periode 2021-2023 yang diketuai Reza Rahadian. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Selaku ketua, Reza Rahadian memang punya ide tersendiri untuk menyukseskan acaranya. Ia ingin memastikan FFI berjalan dengan meriah tanpa mengesampingkan profesionalitas semua orang yang terlibat di dalamnya. Reza Rahadian tidak mau acaranya berjalan terlalu bertele-tele sehingga ia sengaja meniadakan pemandu acara atau MC pada Malam Anugerah FFI 2023.

dr Boyke Ngaku Diperlihatkan Mr P Punya Artis Usai Dipijat Jadi Besar, Ternyata Palsu

"Jadi, tegas banget saya bilang sama komite bahwa saya ngga mau ada MC, karena menurut saya sudah cukup acara ini packed karena acara festival film itu acara award," kata Reza Rahadian dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis 2 November 2023.

Cerita Unik Muzakki Ramdhan Tentang Menyatu dengan Reza Rahadian di Film Siksa Kubur

Reza Rahadian bersikap tegas dalam gelaran acara yang menjadi masa akhir jabatannya ini. Ia kurang suka gimmick dalam acara pemberian penghargaan dan mau membuat acaranya selesai tepat waktu dalam durasi yang sudah ditentukan.

"Saya ngga mau durasi panjang, ngga mau bercanda," kata Reza Rahadian.

"Keputusan itu untuk urusan waktu kita mau lebih padat dan lebih sebentar sekitar 2 jam 10 menit," imbuhnya.

Menurut Reza, malam anugerah itu merupakan momentum yang paling berharga bagi para pemenang nominasi. Apabila ada MC yang memandu jalannya acara, ditambah lagi dengan gimmick-gimmick yang panjang, maka waktu perayaan bagi para pemenang akan semakin berkurang.

"Karena itu momentumnya pemenang, bukan pembaca nominasi. MC buat saya ngga ada masalah kalau ngga ada, juga di perhelatan Festival Film Indonesia," kayanya.

Malam Puncak Festival Film Indonesia 2016

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Selain itu, Reza Rahadian juga memposisikan diri sebagai penonton di rumah yang menantikan pengumuman film atau artis yang mereka sukai. Reza Rahadian khawatir jika acaranya berlangsung terlalu panjang maka penonton akan menunggu terlalu lama.

Belum lagi penonton akan merasa kecewa jika pada akhirnya film atau artis yang dipilih ternyata tidak memenangkan penghargaan.

"Memang sebelumnya FFI itu kadang bisa sampai jam 12 atau jam 1 malam. Orang sudah pada ngantuk nunggu Film Cerita Panjang Terbaik, lama. Kalau film terbaiknya sesuai sama hati, kalau ngga?" kata Reza.

Meski begitu, para artis maupun orang-orang di balik layar pembuatan film nantinya akan berkumpul lagi setelah acara untuk mengadakan pesta kecil-kecilan dalam rangka merayakan kemenangan mereka.

Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 mendatang akan semakin meriah dengan kehadiran dua musisi ternama. Mereka adalah Iwan Fals dan Rossa. Keduanya akan membawakan lagu hit mereka dan beberapa lagu nominasi kategori lagu tema terbaik FFI 2023. Keduanya tentu akan menghadirkan hiburan bagi tamu undangan maupun publik yang menonton melalui siaran langsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya