4 Rahasia Umur Panjang Ratu Elizabeth II, Suka Tertawa?

Ratu Elizabeth II saat berada di Thames Hospice, Maidenhead
Sumber :
  • Kirsty O'Connor/Pool Photo via AP

VIVA Showbiz – Ratu Elizabeth II dikabarkan baru saja meninggal dunia di usianya yang ke-96 tahun di Kastil Balmoral, Skotlandia pada Kamis, 8 September 2022. Kabar duka tersebut tentu menjadi duka yang mendalam bagi keluarga kerajaan dan masyarakat Inggris yang selama 70 tahun dipimpin oleh sang ratu. 

Kate Middleton Juga Diduga Edit Foto Ratu Elizabeth Bersama Cucunya

Hidup dengan usia hampir satu abad yakni 96 tahun tentu tidaklah begitu saja dijalani oleh sang ratu. Tentu ada hal-hal di baliknya yang dilakukan oleh ratu yang mendukung usianya panjang hingga tutup usia, selain dalam hal kesehatan. Tentu umurnya yang panjang didorong oleh kesehatannya yang selalu terjaga, namun ada rahasia lainnya bagi sang ratu untuk menjaga umurnya tetap panjang. 

Lantas, apa rahasia panjang umur dari Ratu Elizabeth II hingga mencapai usia hampir satu abad dalam hidupnya? Melansir dari Times Now, berikut ini rahasia panjang umur dari ratu Inggris yang baru saja menghembuskan napas terakhirnya di usia 96 tahun. 

Donald Trump Ungkap Kebenciannya Terhadap Pangeran Harry, Gegara Apa?

1. Membuat diri sendiri tertawa

Ratu Kerajaan Inggris Elizabeth II

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein
Pangeran Harry dan Meghan Markle Bikin Murka Keluarga Kerajaan Lagi

Di seluruh dunia, ratu Inggris selama ini selalu dipuji karena wajahnya yang selalu tersenyum, selera humor yang tinggi dan kesediaannya untuk menertawakan dirinya sendiri karena keangkuhan posisinya.

"Menertawakan telah menjadi teknik bertahan hidup yang penting baginya (Ratu Elizabeth II)," kata sejarawan kerajaan Robert Lacey dalam sebuah wawancara awal tahun ini yang dikutip VIVA pada Jumat, 9 September 2022. 

Menurut sejarawan kerajaan, kemampuan ratu untuk tertawa telah menjadi saluran pribadi yang vital bagi dirinya, berlawanan dengan kehidupan publik yang sangat koreografi, di mana ia kerap harus memunculkan wajah yang datar. 

"Dia menganggap pekerjaannya serius - tetapi pada saat yang sama, itu tidak menghentikan humornya ," tambah Lacey.

2. Pandai menyesuaikan diri

Ratu Elizabeth II.

Photo :
  • Instagram @theroyalfamily

Lacey juga mengatakan bahwa sang ratu adalah peniru yang sangat baik atau pandai menyesuaikan diri. Humor ratu digambarkan oleh Lacey sebagai "mencela diri sendiri dan sedikit menertawakan dirinya sendiri". 

Dirinya memberi contoh seorang politisi, tanpa menyebutkan namanya, yang sempat merasa malu karena ponsel mereka mati selama percakapan pribadi dengan Ratu.

"Setelah telepon dimatikan, Ratu berkata, saya harap itu bukan orang penting."

3. Menggunakan humor untuk mencairkan suasana

Ratu Elizabeth II

Photo :

Ratu juga dikatakan oleh Lacey kerap menggunakan kecerdasan dan humornya untuk memecahkan kekauan dan mencairkan suasana dengan orang-orang yang menemuinya dengan gugup. Ketika sang ratu menyadari bahwa mereka tidak nyaman, biasanya ia akan mulai membuat lelucon.

Untuk seseorang yang menghabiskan seluruh hidupnya di mata publik, di bawah pengawasan dan perhatian terus-menerus, Ratu Elizabeth II membuat situasi yang menegangkan itu jadi mencari dengan permainan kata-kata dari humor yang dikeluarkannya.

4. Sering tertawa untuk melepaskan ketegangan

Ratu Elizabeth II.

Photo :
  • Instagram @theroyalfamily

Tertawa dan bercanda dipercaya oleh psikolog dapat membantu melepaskan ketegangan dan menurunkan stres. Baik Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip dikatakan memiliki kemampuan yang hebat untuk tertawa bersama dalam banyak situasi yang akan meningkatkan ikatan mereka.

Dalam pidatonya yang disiarkan di televisi sebagai pesan Natal tahunannya, ratu mengucapkan kata-kata terkenalnya, “janganlah kita menganggap diri kita terlalu serius. Tak satu pun dari kita memiliki monopoli kebijaksanaan."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya