Berusia 106 Tahun, Ini Dia Wanita Tertua yang Jadi Model Sampul Majalah Mode Vogue

Wanita Tertua yang Jadi Model Sampul Majalah Mode Vogue
Sumber :
  • Vogue Filipina

VIVA Showbiz – Majalah Vogue adalah majalah mode yang paling terkenal dan besar di dunia. Merayakan keindahan, Vogue Filipina telah mengungkapkan Apo Whang-Od sebagai bintang sampul edisi April, sebuah langkah yang membuat seniman tato berusia 106 tahun dari Filipina menjadi orang tertua yang pernah tampil di depan majalah Vogue.

Tak Kalah Menarik, Lagu Cintanya Aku dari Tiara Andini-Arsy Widianto Versi Inggris dan Korea

Whang-Od, juga dikenal sebagai Maria Oggay, telah menyempurnakan seni tato dengan tangan sejak dia masih remaja, belajar di bawah instruksi ayahnya.

Bertempat tinggal di desa pegunungan Buscalan, sekitar 15 jam di utara Manila, di provinsi Kalinga, dia dianggap sebagai mambabatok tertua di negara itu, atau penato tradisional Kalinga.

Geger Wanita Miliader Jatuh Miskin, Kini Jadi Gelandangan

Wanita Tertua yang Jadi Model Sampul Majalah Mode Vogue

Photo :
  • Vogue Filipina

Dahulu, tato yang disadap dengan tangan yang dibuat oleh Whang-Od hanya dengan menggunakan batang bambu, duri dari pohon pomelo, air dan batu bara, diperoleh oleh pejuang suku Butbut. Sekarang, pengunjung internasional yang mencari desain geometris khasnya merupakan sebagian besar klien Whang-Od.

Mengenal Ado, Hadir di One Piece Red sampai SPY x FAMILY Season 2

"Digembar-gemborkan sebagai mambabatok terakhir dari generasinya, dia telah menanamkan simbol-simbol suku Kalinga, yang menandakan kekuatan, keberanian, dan kecantikan, pada kulit ribuan orang yang telah berziarah ke Buscalan," kata Vogue Filipina dalam sebuah postingan di media sosial.

Seni ini hanya dapat diwariskan kepada kerabat sedarah, dan Whang Od telah melatih cucu perempuannya, Elyang Wigan dan Grace Palicas selama beberapa tahun. "(Teman-teman saya yang bisa menato) semuanya telah meninggal dunia," kata Whang Od kepada CNN Internasional pada 2017.

"Saya satu-satunya yang masih hidup yang masih memberi tato. Tapi saya tidak takut tradisi itu akan berakhir karena (saya sedang melatih) master tato berikutnya," ungkapnya merujuk cucunya. 

“Tradisi ini akan terus berlanjut selama orang terus datang untuk membuat tato,” tambahnya

"Selama saya bisa melihat dengan baik, saya akan terus membuat tato. Saya akan berhenti begitu penglihatan saya kabur."

Wanita Tertua yang Jadi Model Sampul Majalah Mode Vogue

Photo :
  • Vogue Filipina

Pemimpin redaksi Vogue Filipina, Bea Valdes mengatakan mereka memutuskan dengan suara bulat bahwa Whang-Od harus menjadi cover women mereka. "Kami merasa dia mewakili cita-cita kami tentang apa yang indah tentang budaya Filipina kami," ujar Valdes, melansir Vogue Filipina. 

"Kami percaya bahwa konsep kecantikan perlu berkembang, dan mencakup wajah dan bentuk yang beragam dan inklusif. Yang ingin kami bicarakan adalah keindahan umat manusia," tambah Valdes.

Sebelum kemunculan Whang-Od di Vogue Filipina, rekor model sampul Vogue tertua dipegang oleh aktris Judi Dench, yang tampil di depan British Vogue pada tahun 2020, di usia 85 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya