Bukan Cuma EXO-CBX, Pengacara Ungkap Artis SM Entertainment Lainnya Juga Alami Ketidakadilan Kontrak

EXO-CBX
Sumber :
  • SM Entertainment

VIVA Showbiz – Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO mengejutkan para penggemar dengan kabar berakhirnya kontrak eksklusif dengan SM Entertainment pada Kamis 1 Juni 2023. Ketiga anggota EXO tersebut yang tergabung dalam sub-unit EXO-CBX mengumumkan bahwa mereka telah secara resmi mengajukan gugatan untuk mengakhiri kontrak mereka dengan SM Entertainment.

Terkuak, Ada Perjanjian Pisah Harta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Melalui sang pengacara, Lee Jae Hak, CBX menyampaikan beberapa keluhannya terhadap SM Entertainment salah satunya adalah posisi sang artis pada kontrak jangka panjang yang tidak adil dan upaya untuk memperpanjangnya lebih lanjut. Scroll selanjutnya ya.

CBX sebelumnya telah menandatangani kontrak eksklusif dengan SM selama lebih dari 12 hingga 13 tahun. Ini berbeda dari kontrak eksklusif standar untuk penyanyi K-Pop lainnya yang diberitahukan oleh Komisi Perdagangan yang Adil berdasarkan masa kontrak tujuh tahun dan secara sepihak merugikan artis dengan melebihi tingkat minimum yang wajar.

Sehun EXO Diduga Hangout Bareng Pacar di Restoran

Berkaca dari pengalaman CBX ini, sang pengacara Lee Jae Hak mengungkapkan artis lainnya di agensi yang sama juga mengalami hal yang serupa.

Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju

"Selain itu, dengan kontrak eksklusif jangka panjang ini, tidak hanya Baekhyun, Xiumin, dan Chen, tetapi juga sebagian besar artis SM berada dalam situasi yang sama," kata Lee Jae Hak, mengutip Koreaboo, Jumat 2 Juni 2023.

Untuk periode kontrak 13 tahun, termasuk periode perpanjangan dari keputusan sementara dalam kasus TVXQ, SM telah menyimpulkan kontrak di atas adalah kontrak eksklusif jangka panjang dengan struktur unilateral dan SM menggunakan posisi teratasnya untuk melakukan kontrol yang tidak adil kepada artisnya. 

logo SM Entertainment

Photo :

"Untuk anggota TVXQ itu adalah kontrak yang secara berlebihan melanggar kebebasan ekonomi dan hak-hak dasar mereka dengan mengenakan imbalan yang berlebihan atau beban yang tidak semestinya," jelasnya.

Menurut Lee Jae Hak, hukum yang melanggar kesusilaan dan tata tertib sosial lainnya, dan seluruh atau sebagian isi perjanjian telah dinilai cukup luas untuk dianggap tidak sah atau telah habis masa berlakunya karena habis masa durasi yang wajar.

Selain itu, dalam kasus putusan sementara dalam kasus di atas, pengadilan sekali lagi menemukan kesulitan bagi para idol pemula yang memiliki basis penggemar utama remaja, seperti para anggota TVXQ untuk mempertahankan popularitas mereka yang sudah ada di dunia hiburan sampai usia tiga puluhan. 

"Juga ditunjukkan bahwa kontrak eksklusif jangka panjang menghilangkan kesempatan penghibur untuk memperoleh kompensasi yang sesuai untuk bakat luar biasa dan upaya terus-menerus untuk sukses di industri hiburan dan, pada kenyataannya, dapat melakukan fungsi yang sama dengan kontrak seumur hidup," ujarnya.

Lee Soo Man, pendiri SM Entertainment

Photo :
  • SM Entertainment

Selain itu, SM membuat para artis melihat kontrak eksklusif selama tujuh tahun berdasarkan tanggal debut mereka dan perpanjangan tiga tahun tambahan untuk aktivitas di luar negeri. Tetapi dalam kasus artis K-Pop, dibutuhkan setidaknya beberapa bulan hingga beberapa tahun untuk debut setelah menandatangani kontrak eksklusif, dan aktivitas di luar negeri adalah alasan yang wajar. Selain itu, meskipun Xiumin dan Chen adalah anggota yang berencana aktif di Tiongkok sejak awal, mereka ditekan untuk menandatangani kontrak jangka panjang 10 tahun atau lebih sejak tanggal kontrak eksklusif.

"Di sisi lain, SM mencoba untuk mengklaim masa kontrak minimal 17 atau 18 tahun dengan meminta artis menandatangani kontrak eksklusif berikutnya lagi, karena masa kontrak 12 sampai 13 tahun tidaklah cukup. Ini adalah tirani SM yang berulang dan sangat tidak adil terhadap artisnya," kata Lee Jae Hak.

Dalam proses penandatanganan kontrak eksklusif lanjutan, artis tidak dapat bernegosiasi dengan baik karena kontrak eksklusif yang ada mengikat mereka, dan sulit untuk menetapkan ketentuan kontrak yang mencerminkan keinginan mereka. 

Bahkan dalam kasus putusan sementara dalam kasus TVXQ, pengadilan menemukan bahwa para pemohon (anggota TVXQ) hanya secara pasif menandatangani formulir kontrak eksklusif yang diajukan oleh SM dan tidak terlibat dalam menentukan isi kontrak melalui negosiasi dengan SM. 

Untuk para pemohon (anggota TVXQ), seharusnya bisa menghentikan negosiasi yang ada dan bernegosiasi dengan agensi selain SM jika kesepakatan tidak tercapai. Fakta bahwa kesempatan untuk memilih mitra kontrak tidak dijamin. Oleh karena itu, negasi yang tepat tidak dapat dilakukan antara pemohon (anggota TVXQ) dan SM. 

"Ditunjukkan bahwa meskipun perjanjian perpanjangan dibuat setelah pemohon (anggota TVXQ) menetapkan status mereka sebagai selebriti, mereka yang sudah terikat oleh kontrak eksklusif yang ada, tidak dapat menghubungkan peningkatan status mereka dengan kekuatan negosiasi yang diperkuat. 

"Saat melakukannya, dinilai bahwa kontrak lanjutan adalah kontrak yang tidak adil dengan cacat karena perbedaan kekuatan negosiasi," ujarnya.

Akhirnya, Baekhyun, Xiumin, dan Chen secara serius mempertimbangkan untuk mengajukan keluhan kepada Fair Trade Commission mengenai kontrak eksklusif jangka panjang yang ada dan penandatanganan kontrak eksklusif selanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya