Rutin Meditasi, Anjasmara Ungkap Keyakinannya Saat Ini

Anjasmara.
Sumber :
  • Instagram @anjasmara

Jakarta – Kepercayaan seorang publik figur kerap menuai sorotan publik dan menjadi hal yang sensitif untuk diperbincangkan. Salah satu selebriti yang agamanya sering menjadi perhatian adalah Anjasmara. Pesinetron itu memang sudah jarang tampil di layar kaca dan saat ini beralih sebagai instruktur yoga.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Karena hobi dan pekerjaan yang dilakoni itu, Anjasmara sering kali disalahpahami oleh banyak orang. Yoga menuntutnya untuk memperbanyak meditasi demi kedamaian diri dan membuatnya tampak bugar. Namun, tidak sedikit yang mengira bahwa Anjasmara tengah melakukan ritual agama tertentu.

Anjasmara

Photo :
  • VIVA.co.id/Putri Nur
5 Negara Muslim Ini Secara Data Bisa Gilas Israel, Nomor 3 Tak terduga!

Pertanyaan seputar keyakinan Anjasmara itupun dilontarkan oleh Melaney Ricardo. Mewakili para netizen yang penasaran dengan hal itu, Melaney mengundang Anjasmara datang ke podcast YouTubenya.

"Apa yang kamu lakukan sekarang? Berkarier kan masih harus, dan orang mungkin mikirnya gini, dengan seorang Yoggis, kamu yoga, kamu meditasi, kamu masih seorang Muslim nggak?" tanya Melaney Ricardo, mengutip unggahan YouTubenya, Selasa 4 Juli 2024.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Melaney pun menjelaskan bahwa sebenarnya meditasi adalah aktivitas yang umum dilakukan oleh siapapun dari agama apapun. Akan tetapi, setiap agama mungkin punya cara meditasi yang berbeda-beda.

Mendengar pertanyaan tersebut, Anjasmara menegaskan bahwa ia masih seorang muslim.

"Alhamdulillah, so far saya masih Muslim," ujar Anjasmara.

Rutinitas meditasi yang dilakukan oleh Anjasmara setiap pagi adalah Vipassana. Kegiatan itu berasal dari ajaran Buddha yang berarti melihat secara benar tentang sifat sejati dan realitas kehidupan.

Anjasmara

Photo :
  • instagram @anjasmara

Vipassana merupakan salah satu teknik mediasi yang tidak memperbolehkan pelakunya berbicara dalam kurun waktu tertentu.

"Dulu waktu belajar Vipassana, itu adalah sata satu Budis, teknik meditasi, di mana kita tidak boleh bicara sama sekali dalam kurun waktu 3 hari, 7 hari, 17 hari, atau sebulan. Bedanya, kalau yang aku lakukan dengan yang di padepokan itu situasinya kan sudah dibentuk," jelas Anjasmara.

Akan tetapi, Anjasmara mengakui bahwa melakukan teknik mediasi Vipassana di kehidupan sehari-hari cukup menyulitkan. Ia tidak bisa menghindar dari anggota keluarga dan orang di sekitarnya untuk diam dan tidak berbicara.

Oleh karena itu, pemeran Cecep tersebut selalu menyempatkan diri untuk bermeditasi setiap malam sebelum tidur dan sesaat setelah bangun tidur. Ia harus fokus pada mediasi sebelum kesadarannya kembali penuh dari tidur di pagi hari. 

"Jadi, aku melakukannya di real life lebih sulit. Jadi, aku lakukan sebelum tidur dan sebelum kita bangun. Sebelum bangun, kita harus sadari dulu bahwa kita ada di tempat tidur," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya