Oscar Lawalata Akui Sempat Tes Hormon Hingga Ke Psikolog

Oscar Lawalata.
Sumber :
  • Instagram @oscarlawalata

JAKARTA – Oscar Lawalata belum lama ini tampil di hadapan publik dan menceritakan perjalanan hidupnya menjadi seorang transpuan. Kakak dari Mario Lawalata ini mengaku sebelum melakukan operasi di luar negeri beberapa tahun lalu, dia sudah sempat merasa ada yang berbeda antara jiwa dan raganya sejak kecil.

Atasi Gangguan Mental Sebelum Berujung Depresi, Ini Solusi Menjaga Kesehatan Jiwa

Namun dirinya mulai terbuka tentang hal tersebut kepada ibunya Reggy Lawalata dan adiknya, Mario Lawalata saat dia menginjak bangku SMA. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

"Mulai dia SMA. Ada satu hari kita berbicara dengan Asha mengenai yang mama tanya itu ya apa sih bedanya. Dia menjelaskannya dan akhirnya saya mengetahui hal-hal itu," ungkap Reggy Lawalata mengutip tayangan YouTube Kick Andy.

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

Desainer Oscar Lawalata.

Photo :
  • VIVA/Shalli

Tak hanya itu saja, Reggy Lawalata juga mengungkap bahwa Oscar juga sempat menjalani tes hormon hingga berkonsultasi dengan seorang psikolog tentang kondisinya itu.

Nikita Mirzani Ngaku Dapat Kekerasan dari Mantan, Psikolog Bilang Begini

"Lama-lama semakin dia dewasa ya kita makin sering ngobrol. Terus dia bilang yang dia pergi ke psikolog, psikiater, tes hormnon dan segala macam itu saya tidak pernah tahu yang dia lakukan selama tiga tahun," ujar Reggy Lawalata lebih lanjut.

Di satu sisi, Reggy mengaku bahwa dia dan adik Oscar yakni Mario Lawalata tetap akan mendukung apapun keputusan Oscar. Hal ini dilakukan demi kebahagiaan anaknya itu.

"Dia bercerita semua itu setelah saya dan Mario 'Oke kamu bisa melakukan apapun yang kamu inginkan dan kami tetap mencintaimu," ungkap Reggy.

Oscar Lawalata.

Photo :
  • Instagram @oscarlawalata

Sementara itu, diungkap oleh Oscar dirinya memutuskan untuk akhirnya menjadi transpuan di usia 40 tahun lantaran dirinya tak menemukan cinta.

"Kenapa (di usia) 40 tahun? Saya berbicara dengan Tuhan bahwa di umur 40 ini kalau saya tidak menemukan cinta, saya akan mengubah diri saya menjadi wanita," katanya.

Saat ini, Oscar Lawalata sudah melakukan persidangan untuk mengganti semua identitas dalam dokumen pribadinya menjadi identitas wanita dengan nama Asha Smara Darra.

"(Semua dokumen) diganti atas nama Asha Smara Darra perempuan," ujarnya.

Sebagai informasi, di tahun 2020 lalu, setelah memutuskan untuk menjadi seorang transpuan, Oscar mengaku membutuhkan waktu selama satu tahun untuk menjalani proses recovery. 

"Recovery satu tahun," kata Oscar.

Meski kini telah mengganti namanya menjadi Asha Smara Darra. Oscar mengaku dirinya tak mempermasalahkan jika orang lain memanggilnya dengan namaAsha atau masih dengan nama Oscar. Dia mengaku menerima dengan senang hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya