Sambil Diborgol, Lina Mukherjee Tebar Senyum Minta Restorative Justice

Lina Mukherjee
Sumber :
  • ANTARA / Nova Wahyudi

PALEMBANG – Seleb TikTok, Lina Mukherjee, berencana mengajukan penangguhan penahanan, usai ditetapkan sebagai tersangka dan kini telah resmi ditahan, atas kasus dugaan penistaan agama.

BPJPH: Produk Non Halal di Indonesia Wajib Cantumkan Keterangan Tidak Halal

Selain itu, Kuasa Hukum Lina Mukherjee, Ersa, menyampaikan keinginan kliennya, agar penyelesaian kasus ini dapat menempuh jalur restorative justice. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Sebelumnya, Lina ditahan akibat konten memakan kriuk babi sambil membaca Bismillah, yang ia posting di akun TikTok miliknya, beberapa waktu lalu. Lina Mukherjee resmi ditahan di Lapas Perempuan Kelas II A Palembang, Sumatera Selatan, pada Senin, 10 Juli 2023.

Ahli Bedah di AS Berhasil Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia

"Klien kami berharap kasus ini bisa cepat selesai, karena banyak karyawan yang mau dibiayai. Untuk itu kami akan mengajukan lagi pengajuan penahanan," ujar Ersa, kuasa hukum Lina Mukherjee.

Bicara Pemilu 2024, Mahfud MD Singgung soal Politik Gentong Babi dan Kerah

Selain penangguhan penahanan terhadap kliennya, pihaknya pun akan melakukan restorative justice antara pelapor (Ustaz M. Syarif Hidayat) dan terlapor.

"Kami akan mengupayakan restorative justice antara pelapor dan terlapor, agar mereka berdua bisa berdamai," kata dia.

Ersa berharap, lewat restorative justice tidak ada yang dirugikan.

"Ya harapannya mereka berdua bisa berdamai, dan tidak ada yang dirugikan," harap dia. 

Di tempat yang sama, Lina Mukherjee keluar dari ruangan penyidik dengan kondisi tangan diborgol. Tak hanya seorang diri, Lina ditemani dua orang asistennya. Lina juga sempat menyapa sejumlah awak media.

"Mba tidak kapok?” tanya salah satu awak media.

Spontan, Lina pun menjawab bahwa ke depannya ia tidak mau mengulanginya lagi.

"Saya tidak mau mengulangi. Tetapi, kalau harus menerima ini, harus diterima dengan ikhlas," jawab Lina, dengan senyuman.

Mengenai kondisinya apakah dalam keadaan sehat, Lina menjawab untuk saat ini fisiknya cukup baik. Hanya saja, dirinya harus menyiapkan mental untuk di persidangan nanti.

"Karena katanya persidangan nanti cepat, jadi mental harus siap," tutur Lina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya