Ribuan Aktor dan Penulis Hollywood Mogok Kerja, Ini Fakta-fakta Demo SAG-AFTRA

Aktor, aktris dan penulis atau SAG-AFTRA melakukan mogok kerja
Sumber :
  • CNBC News

Los Angeles – Ada banyak berita tentang pekerja di industri hiburan dunia akhir-akhir ini, dengan berita utama terbaru yang berfokus pada SAG-AFTRA.

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

The Screen Actors Guild – American Federation of Television and Radio Artists atau SAG-AFTRA adalah serikat pekerja yang mewakili sebagian besar aktor dan aktri ketika mereka mengerjakan produksi film dan televisi di Amerika Serikat, atau lebih tepatnya Hollywood.

Saat ini, serikat pekerja dengan suara bulat memilih untuk mengeluarkan perintah mogok kerja terhadap Aliansi Produser Film dan Televisi (AMPTP), kelompok perdagangan yang dibentuk untuk mewakili studio besar film, jaringan penyiaran, dan layanan streaming dalam negosiasi perburuhan dengan serikat pekerja.

Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

Untuk mengetahui lebih banyak soal aksi ini, simak fakta-gaktanya berikut ini.

Apa itu SAG-AFTRA?

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

SAG-AFTRA

Photo :
  • NPR

SAG-AFTRA adalah persatuan atau wadah bagi 160.000 aktor profesional, penyiar, jurnalis penyiaran, penari, DJ, penulis berita, editor berita, pembawa acara, dalang, artis rekaman, penyanyi, pemeran pengganti, dan artis sulih suara. SAG-AFTRA adalah komunitas yang dipersatukan oleh pekerjaan bersama di bidang hiburan dan media.

SAG-AFTRA memiliki tugas sebagai residu, menegosiasikan kontrak, menyatukan komunitas, advokasi, wadah bagi keanekaragaman individu, dan sebisa mungkin menyediakan sumber daya di karir yang dibutuhkan para aktor.

Awal mula aksi mogok

Pada 2 Mei 2023, beberapa anggota Writers Guild of America (WGA) melakukan pemogokan menyerukan serangkaian reformasi dalam pembayaran mereka, dengan fokus pada residu dari platform streaming.

WGA memiliki sekitar 11.500 anggota dan banyak dari mereka telah melakukan aksi demo di luar studio dan lokasi pengambilan gambar di New York City, Los Angeles, dan Atlanta. Pemogokan mereka telah menyebabkan penghentian acara TV larut malam yang populer dan telah menyebabkan penundaan produksi musim baru dari beberapa serial.

Ini adalah pemogokan WGA pertama dalam 15 tahun. Nyatanya, para penulis harus melakukan pemogokan sejak tahun 1960-an setiap kali terjadi perubahan teknologi distribusi yang mempengaruhi gaji mereka. Kali ini streaming.

WGA telah memastikan Minimum Basic Agreement (MBA) atau upah minimum untuk penulis yang mengerjakan “media baru”, seperti streamer online. Anggota WGA harus dibayar dengan jumlah minimum yang dijamin. Tetapi platform streaming telah berubah dan kini mengarah ke situasi di mana pekerjaan tidak aman dan anggota harus melakukan lebih banyak pekerjaan dengan bayaran lebih sedikit.

Lebih dari 70 hari setelah protes mereka dimulai, SAG-AFTRA kini bergabung dengan pengunjuk rasa WGA dengan pemogokan mereka sendiri, membuat industri hiburan Amerika hampir berhenti total.

Mengapa mereka mogok kerja?

Dewan nasional SAG-AFTRA membuat keputusan setelah negosiasi yang gagal dengan Aliansi Produser Film dan Televisi.

SAG-AFTRA dan perwakilan studio-studio besar dilaporkan berselisih tentang beberapa masalah, termasuk berapa banyak pemain yang harus mendapatkan bayaran dari platform streaming. Aktor meminta kompensasi yang lebih tinggi ketika film atau serial yang mereka bintangi menjadi hits di kalangan penonton.

Ada juga ketidaksepakatan atas penggunaan kecerdasan buatan. Aktor mengatakan mereka tidak ingin digantikan oleh gambar yang dihasilkan komputer, mereka menginginkan kendali atas di mana dan bagaimana keserupaan mereka digunakan.

Beberapa aktor turun ke Instagram untuk menyuarakan dukungan mereka untuk pemogokan tersebut, termasuk bintang Better Call Saul Bob Odenkirk, pemeran Hulk Mark Rufallo, hinggs aktirs legendaris Meryl Streep.

Demonstrasi dan mogok kerja telah dimulai pada Jumat pagi pekan lalu di luar kantor pusat Netflix di California, lalu beralih ke Paramount, Warner Bros, dan Disney. 

Apa efek dari mogok kerja tersebut?

Para artis dan penulis naskah Hollywood mogok kerja

Photo :
  • NPr

Konsekuensi dari pemogokan SAG-AFTRA ini adalah hampir semua produksi film dan televisi yang menampilkan penampil langsung akan berhenti sampai kedua belah pihak dapat mencapai kesepakatan. Aktor juga tidak akan diizinkan untuk mengambil bagian dalam acara pers atau promosi apa pun, seperti junket atau pemutaran perdana karpet merah.

Anggota SAG-AFTRA akan bergabung dengan para penulis yang saat ini melakukan pemogokan untuk pertama kalinya dalam lebih dari 60 tahun, dan semuanya telah dimulai. Bahkan, sutradara Christopher Nolan dan para aktor pemain film Oppenheimer ikut turun berdemonstrasi sesaat setelah mempromosikan film tersebut di London.

Serial-serial banyak yang tertunda dan tak sedikit aktris yang menolak untuk syuting hingga mereka mendapatkan kesepakatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya