Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Diminta Tutup Mulut Soal Kasus Pelecehan Seksual?

Mahkota Miss Universe Indonesia 2023
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Fotografer Rio Motret dengan lantang menyuarakan berbagai kecurangan yang terjadi di balik layar ajang kecantikan Miss Universe Indonesia (MUID) 2023. Sebelumnya viral diberitakan bahwa finalis MUID diminta untuk telanjang dan difoto untuk keperluan body checking.

Kemenkominfo Gelar Pesta Rakyat "Welcoming Gen-Alpha Chance and Challenge in Digital Era"

Penyelenggara MUID 2023 juga telah dilaporkan ke polisi dengan tuduhan pelecehan seksual oleh salah satu finalis yang berinisial PKN.

Mahkota Miss Universe Indonesia

Photo :
  • ist
Video Pemobil Tak Merasa Salah Setelah Bikin Pengendara Motor Kecelakaan

Rio Motret baru-baru ini mengunggah Instagram story yang kembali menimbulkan kecurigaan bahwa para finalis MUID dipaksa untuk tutup mulut tentang masalah body checking tersebut.

"Kenapa kalian sibuk nelponin finalis satu-satu dan bilang ngga boleh buka mulut? Mereka perempuan loh! Dan mereka harus dihormati dan dihargai, bukan diintimidasi seperti ini!" kata Rio, dikutip Selasa 8 Agustus 2023.

Istri Dituduh Korupsi, PM Spanyol Bakal Umumkan Putusan Pengunduran Dirinya Hari Ini

Mantan Direktur Visual Miss Universe Indonesia itu juga menyinggung National Director Poppy Capella yang diduga menjadi otak dibalik kontroversi ini. Menurut Rio, Poppy Capella bisa dianggap merendahkan derajat para perempuan dengan cara mengintimidasi mereka setelah pihaknya melakukan pelecehan seksual.

"Di mana hati lo? Demi menyelamatkan perusahaan bobrok lo sampe lo tega merendahkan derajat seorang wanita?" sambungnya.

Rio juga tidak mau disalahkan atas kontroversi yang tengah menjadi perbincangan publik ini. Ia mengaku geram dan tidak bisa sabar lagi melihat kecurangan yang terjadi.

"Kesabaran saya udah tinggal dikit lagi ya ini. Gak usah playing victim," pungkasnya.

Fotografer Rio Motret.

Photo :
  • Bobby Agung/ VIVA.co.id

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, finalis MUID diduga diminta untuk telanjang saat body checking, bahkan ada yang difoto saat tidak mengenakan busana.

Rio memastikan, dirinya tidak ikut terlibat dalam kegiatan body checking dan foto tanpa busana para finalis. Saat kejadian, Rio mengaku tidak berada di tempat.

"Saya klarifikasi sedikit di sini bahwa saya itu tidak terlibat dalam pemotretan telanjang yang dilakukan oleh tim MUID, saya dan Elwend (eks CEO Miss Universe Indonesia) pada saat kejadian itu tidak ada di lokasi, kita berada di hotel yang sama tapi saya sedang ada di kamar, dan Elwend juga tidak ada di bilik tersebut," kata Rio Motret di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 7 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya