Pelapor Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Miss Universe Indonesia Diperiksa Polisi

Ilustrasi pelecehan seksual
Sumber :
  • Freepik

JAKARTA - Polda Metro Jaya memeriksa pelapor kasus dugaan pelecehan seksual terhadap finalis Miss Universe Indonesia 2023. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendalami duduk perkara dugaan pelecehan seksual tersebut.

Polisi Larang Warga Bawa Petasan saat Nobar Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan

"Ini kita baru mau ketemu lawyer-nya (pelapor). Para korban masih belum hadir," ujar Plh Kasubdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Yuliansyah saat dihubungi wartawan, Rabu, 9 Agustus 2023. Scroll untuk info selengkapnya.

Terpisah, pelapor sekaligus kuasa hukum para korban, Mellisa Anggraeni mengatakan dirinya sudah memberikan keterangan dalam pemeriksaan tersebut. Ia mewakili tujuh finalis Miss Universe yang diduga menjadi korban.

1500 Orang Bakal Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Lapangan Banteng, Polisi Lakukan Ini

Adapun dalam pemeriksaan itu, Mellisa menyampaikan kronologi langsung yang dialami para korban. Termasuk dampak dari dugaan pelecehan tersebut. 

11 Orang Ditangkap saat Polisi Gerebek 3 Rumah Mewah di Teluk Naga, Ternyata Markas Judi Online

"Saya menyampaikan apa yang disampaikan para korban, yang mereka alami, terus bagaimana dampaknya hingga memutuskan melaporkan ini. Termasuk kronologi gambaran besar nanti akan didalami lagi," ucap Mellisa.

"Termasuk saya sampaikan siapa saja yang layak dimintai keterangan dan apa saja kekhawatiran kami," sambungnya.

Dalam pemeriksaan itu, Mellisa juga turut memberikan bukti-bukti baru atas laporan dugaan pelecehan seksual tersebut. Meski demikian, Mellisa enggan membeberkan lebih lanjut bukti yang dimaksud.

"Iya, ada (bukti baru). Tapi belum bisa saya sampaikan ya, tapi terkait dengan seluruh proses pelaporan ini saja," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya resmi menerima laporan polisi yang dibuat finalis Miss Universe Indonesia (MUID) 2023, terkait dugaan pelecehan seksual dalam ajang tersebut. Laporan diterima dengan nomor LP/B/4598/VII/2023 SPKT POLDA METRO JAYA.

Anggota Miss Universe Indonesia (MIUD) 2023 mendatangi Polda Metro Jaya

Photo :
  • VIVA/Foe Peace

"Kami akhirnya melaporkan perbuatan dugaan adanya pelecehan yang dilakukan terhadap klien kami," ucap kuasa hukum korban PKN alias Natasha, Mellisa Anggraeni di Markas Polda Metro Jaya, Senin 7 Agustus 2023.

Untuk diketahui, ajang kecantikan Miss Universe Indonesia (MUID) 2023 sukses digelar pada Kamis 3 Agustus 2023 di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol.

Fabienne Nicole Groeneveld berhasil keluar sebagai pemenang dan meraih mahkota sebagai Miss Universe Indonesia 2023 yang akan bersaing di kancah internasional.

Selain Fabienne, ada nama Vina Anggi Sitorus sebagai 1st Runner-up dan Muthia Fatika Rachman sebagai 2nd Runner-up yang juga mendapat perhatian. Keputusan ini diambil oleh dewan juri yang salah satunya adalah aktris Cathy Sharon.

Sebagaimana diketahui, untuk menjadi pemenang di ajang kecantikan ini perlu melewati berbagai tahap seleksi yang sangat ketat. Ada banyak persyaratan resmi yang juga harus dipenuhi oleh para pesertanya. Kecantikan yang mereka miliki tidak hanya terpancar dari wajah saja, tetapi juga bentuk tubuh hingga intelegensinya. 

Salah satu seleksi yang dilakukan oleh para finalis adalah pengecekan tubuh atau body checking. Kecurigaan adanya perbuatan curang di balik layar MUID pun dibongkar oleh Province Director, Sally Giovanny, lewat unggahan di Instagramnya. 

Sally mengungkapkan ada kabar yang menyebutkan bahwa para finalis MUID 2023 diminta untuk telanjang di hadapan para penilainya. Tak hanya itu, mereka juga difoto yang dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya