Jika Jadi Menteri Pendidikan, Maudy Ayunda Bakal Hapus Soal Pilihan Ganda

Maudy Ayunda
Sumber :
  • YouTube Maudy Ayunda

JAKARTA – Maudy Ayunda merupakan salah satu artis multitalenta yang berbakat tidak hanya di dunia hiburan tetapi juga dalam bidang akademis. Lulus dari Universitas Stanford pada 2021, istri Jesse Choi itu juga bercita-cita menjadi seorang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Dalam sebuah video, Maudy Ayunda ditanya apabila dia ditunjuk jadi Menteri Pendidikan. Pelantun lagu Perahu Kertas pun mengatakan, akan menghapus soal pilihan ganda dalam ujian para siswa sekolah.

Maudy Ayunda.

Photo :
  • Instagram @maudyayunda
Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Selain itu, Maudy Ayunda juga ingin mengubah  sistem assessment atau evaluasi pendidikan yang menurutnya sangat penting dalam sistem pendidikan anak-anak di sekolah.

"Aku pasti akan mengubah, satu, assessment (penilaian)," kata Maudy Ayunda, dikutip dari YouTube short Felicia Tjiasaka, Jumat 15 September 2023.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Menurut Maudy Ayunda, menerapkan soal evaluasi dalam bentuk pertanyaan dengan jawaban yang terbuka akan lebih efektif dibandingkan memberikan soal dalam bentuk pilihan ganda kepada para siswa.

"Kalau assessment-nya itu open ended question dan bukan multiple choice, pasti murid juga belajarnya beda," ujar Maudy.

Tidak hanya berdampak pada para siswa, Maudy Ayunda meyakini bentuk soal evaluasi dalam essai juga akan mengubah pola mengajar para guru. Dari situ lah akan meningkatkan cara berpikir yang jauh lebih kritis dibandingkan dengan pertanyaan pilihan ganda yang cenderung membut siswa menghapal jawabannya.

"Guru juga ngajarnya beda, dan akhirnya yang di-grading critical thinking dan analyzing (yang dinilai berpikir kritis dan analisis) dibandingin sama memorization (menghapal)," jelasnya.

Maudy Ayunda.

Photo :
  • Instagram @maudyayunda

"Karena assessment itu filtering through (menyaring), akhirnya mempengaruhi cara guru mengajar, ara siswa belajar, cara orangtua memberi motivasi anak mereka," lanjutnya.

Di samping rencana besarnya itu, Maudy Ayunda punya rencana yang terlebih dahulu harus ia lakukan seandainya berhasil menjadi seorang Menteri Pendidikan. Ia berharap bisa menumbuhkan rasa cinta belajar di hati para siswa, agar mereka lebih giat menuntut ilmu.

"Tapi di luar itu, misi terbesar aku adalah pengin membangun budaya cinta belajar aja di Indonesia," tutur Maudy.

"Jadi, sesuatu yang kecil menurutku bisa revolusioner. Tentunya akan ada banyak lainnya, maksudnya, pendidikan enggak cuma itu," jelas Maudy Ayunda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya