Muslim Sejak Lahir, Christine Hakim Ungkap Asal-usul Namanya yang Bikin Banyak Orang Salah Paham

Christine Hakim Hadiri Premiere Eat, Pray and Love
Sumber :
  • Antara//Tia Mutiasari

Jakarta – Selama ini nama aktris senior kenamaan Tanah Air, Christine Hakim kerap dianggap sebagai seorang non Muslim dan tak jarang yang mengiranya adalah mualaf. Padahal, faktanya Christine adalah seorang Muslim sejak lahir. 

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Baru-baru ini Christine Hakim mengungkap fakta tersebut saat berbincang di podcast Denny Sumargo di YouTube. Sang aktris yang sudah 50 tahun berkarya di dunia film itu mengungkap bagaimana dirinya bisa diberi nama ‘Christine’ hingga banyak yang salah paham dengan keyakinannya. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Christine Hakim Hadiri Premiere Eat, Pray and Love

Photo :
  • Antara//Tia Mutiasari
Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Rupanya nama ‘Christine’ diberikan lantaran dirinya yang lahir bertepatan dengan hari natal pada tanggal 25 Desember. Selain itu, nama tersebut juga ternyata diberikan oleh dokter yang membantu persalinan ibunya. 

“(DIberi nama) Christine karena ibu lahir di hari natal 25 Desember,” ungkap Christine Hakim yang dikutip dari kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo pada Kamis, 21 September 2023. 

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Christine Hakim

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

Kebetulan juga [pada waktu itu tugas ayah Christine Hakim bekerja di Direktorat Bea dan Cukai dan ditugaskan di pedalaman di Jambi. Kelahirannya pun dibantu oleh seorang dokter asal Jerman. Untuk menghormati sang dokter, orang tuanya menerima saran nama dari dokter asal Jerman tersebut yang memberinya nama ‘Christine’. 

Padahal, sebelumnya orang tua aktris berusia 66 tahun ini telah menyiapkan nama untuk sang anak yakni ‘Natalia’. Namun, sebagai rasa hormat terhadap dokter yang membantu persalinan, maka saran namanya diterima oleh kedua orang tuanya. 

“(Namanya) tetep dipake untuk menghormati dokter yang membantu kelahiran ibu,” kata Christine menceritakan asal-usul namanya. 

Lahir sebagai Muslim, namun Christine memutuskan untuk melanjutkan SMP di sekolah Kristen yakni Santa Theresia. Pada saat itu menurutnya sekolah tersebut memiliki kualifikasi yang baik untuk dirinya menimba ilmu. 

Kendati demikian, Christine mengaku tetap mengaji dan mendalami agama Islam sebagai seorang Muslim. Sang aktris belajar mengaji setiap pulang sekolah di madrasah mulai dari jam 3 hingga 5 sore. Bahkan, ia juga masih diajarkan membaca Al-Quran oleh pak haji yang ia kenal setiap habis sholat Maghrib. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya