Soleh Solihun Ternyata Pernah Jadi Anak Band, Isi Posisi Anti Mainstream

Soleh Solihun.
Sumber :
  • Instagram @solehsolihun

Jakarta – Soleh Solihun, salah satu komika dan pembawa acara di Tanah Air ternyata memiliki masa lalu yang mungkin tak banyak diketahui orang. Sebelum melanglang buana di dunia stand-up comedy, Soleh Solihun pernah jadi anak band pada sekitar tahun 2002. Menariknya, posisinya dalam band tersebut tidak biasa dan cukup anti mainstream.

Ditanya Komika Soal Makan Siang Gratis, Ini Jawaban Gibran Rakabuming

Pada masa kuliahnya, Soleh Solihun pernah mendapat tawaran unik dari teman-temannya untuk bergabung dalam sebuah band. Namun, posisinya di band tersebut cukup anti mainstream. Bukan jadi vokalis utama atau personel lainnya, Soleh melainkan jadi Master of Ceremony (MC). Soleh menjadi sosok yang menyapa dan berinteraksi dengan penonton sebelum band tampil di atas panggung. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Komedian, Soleh Solihun

Photo :
  • Instagram: localstandupday
Awan Senna Luapkan Isi Hati Menyentuh di Lagu Jangan Pergi

“Gua di kampus punya band, gua diajakin ngeband sama teman gua sebagai MC,” ungkap Soleh Solihun yang dikutip dari YouTube Volix pada Senin, 27 November 2023.

Meskipun posisinya tak biasa, anggota geng PREDIKSI ini menganggap dirinya sebagai seorang frontman. Tugasnya mencakup memberi sambutan kepada penonton dan menciptakan suasana yang menyenangkan sebelum band menyajikan aksi panggung mereka. 

Rewind Rilis Lagu Tergesa-gesa, Maknanya Dalem Banget!

Soleh Solihun

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi

Setelah tugasnya sebagai frontman selesai, Soleh tidak berhenti di situ. Ia kemudian diminta untuk menjadi penyanyi latar ketika teman-temannya tampil. 

“Jadi, teman gua ngajakin gua, ‘Leh, gua mau bikin band. Lu jadi MC-nya ya’, ‘Ngapain?’ ‘Ya nanti lu ngomong aja’,” ucap Soleh.

“Jadi, pas giliran nyanyi, gua ke samping, jadi backing vocal. Tapi ya backing vocal ala kadarnya. Begitu band kelar nyanyi, gua ke depan lagi,” sambungnya.

Ternyata, peran Soleh di band tersebut bukan hanya sebagai penghibur melalui musik. Ia juga bertugas sebagai pencair suasana. Sebelum teman-temannya tampil, Soleh mengambil peran penting dalam memastikan penonton merasa santai dan tersenyum. Gaya ini ternyata tidak begitu berbeda dengan gaya stand-up comedy yang kemudian membuatnya terkenal.

“Jadi, kalau anak-anak kampus pas lihat gua stand up mah udah tahu yang gua lakuin dari dulu itu begitu. Jadi, kalau misalnya bawain lima lagu, gua tampil di opening buat manasin dan bikin orang ketawa dulu, habis itu baru nyanyi. Selesai nyanyi, gua ngomong lagi, bercanda-canda sama penonton,” jelas Soleh.

Soleh mengungkap bahwa band tersebut ditujukan sebagai band entertaining. Temannya, Bayu, yang menjadi vokalis utama, memiliki visi untuk menciptakan sebuah band yang tidak hanya fokus pada musik serius, melainkan juga menghibur. Inilah yang membuat grup musik tersebut berbeda dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi Soleh Solihun.

“Orang tuh tahunya malah gua, personel yang lain malah nggak dikenal,” lanjut Soleh menjelaskan. 

“Jadi, teman gua yang namanya Bayu, itu dia vokalisnya. Dia pengin buat band yang entertaining, karena dia serius orangnya,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya