Melayat ke Rumah Yayu Unru, Vino G Bastian Kenang Kebaikan Almarhum

Reza Rahadian, Chicco Jerikho dan Vino G Bastian (kiri ke kanan).
Sumber :
  • VIVA/Rizkya Fajarani.

JAKARTA – Kabar duka datang dari aktor senior Tanah Air Yayu Unru yang tutup usia pada Jumat 8 Desember 2023 pagi. Yayu Unru meninggal dunia di usia 61 tahun setelah dirawat sekitar 6 hari di ruang ICU karena serangan jantung.

Imbas Gempa Garut, Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

Kepergian Yayu Unru menorehkan duka mendalam bagi para aktor Indonesia yang sudah lama mengenal sosoknya, salah satunya adalah Vino G. Bastian. Sebagai pemain film yang sudah berkiprah sejak 2004, Vino mengaku belajar banyak dari sosok Yayu Unru yang akhirnya membawanya sampai pada kesuksesan saat ini. Scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

Vino G. Bastian mengenang sosok Yayu Unru sebagai aktor senior yang selalu ringan tangan memberikan bantuan kepada aktor lainnya. Yayu Unru bahkan tak ragu mengajak para juniornya bertemu untuk memberikan pengarahan atas naskah film yang diberikan.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

"Dari dulu, dari awal saya memang belajar sama Mas Yayu sih," kata Vino G. Bastian, saat ditemui di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat 8 Desember 2023.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

"Banyak banget pengalaman dan ilmu, kalau mau minta ilmu tuh orang yang paling cepat gitu tanpa memikirkan babibubebo, langsung datang ketemu di mana, yuk kita bahas script," tambahnya.

Pemain film Gampang Cuan itu mengaku sangat kaget ketika mendapatkan berita duka pagi ini dan langsung pergi ke rumah Yayu Unru di kawasan Kayu Putih, Jakarta Timur, untuk memberikan penghormatan terakhirnya. Tidak datang sendirian, Vino G. Bastian juga hadir bersama Reza Rahadian dan Chicco Jerikho untuk melayat.

Kepergian Yayu Unru untuk selamanya meninggalkan duka yang mendalam bagi para aktor. Mengingat selama ini Yayu Unru juga sudah sangat banyak berjasa bagi dunia perfilman Tanah Air.

"Sempat kaget banget, mendadak pagi ini dapat berita duka. Ya secara pribadi dan teman-teman aktor juga pasti kehilangan salah satu teman yang luar biasa, bukan hanya berjuang untuk dirinya tapi juga aktor Indonesia," ujar Vino G. Bastian.

Vino G. Bastian sangat menyayangkan bahwa ia dan kawan-kawan aktor belum sempat menjenguk Yayu Unru saat masih dirawat di rumah sakit. Mengingat saat mendiang mengalami serangan jantung, ia langsung dilarikan ke ruang ICU sehingga tidak boleh dijenguk oleh banyak orang.

Suasana kediaman Almarhum Yayu Unru.

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani.

"Saya belum sempat jenguk, karena memang kondisinya pada saat itu tidak bisa dijenguk banyak orang karena di ruang isolasi ya, ICU. Jadi pastinya butuh istirahat," katanya.

Vino G. Bastian juga mendengar kabar bahwa kondisi Yayu Unru sempat membaik sehari sebelum meninggal dunia. Yayu Unru juga dipindahkan ke ruang rawat inap biasa karena kondisinya jauh membaik dan cukup stabil. Tetapi Vino menilai bahwa kondisi Yayu Unru yang membaik itu mungkin adalah sapaan terakhirnya kepada keluarga.

"Terakhir malah kita dengar katanya sudah mau pindah dari ruang ICU, udah ke ruang rawat dan udah sadar, ya Alhamdulillah. Tapi mungkin itu pamit terakhir kali," kata Vino G. Bastian.

Selama berada di rumah duka, Vino melihat begitu banyak tamu yang datang untuk melayat. Ia yakin Yayu Unru adalah sosok yang sangat baik dan telah menginspirasi sehingga ada banyak orang tang datang untuk mengungkapkan rasa duka citanya. Vino G. Bastian juga mendoakan supaya Yayu Unru khusnul khotimah dan senantiasa diterima di sisi-Nya.

"Kita lihat juga banyak sekali orang yang datang betapa banyak sahabat yang menginspirasi dari mas Yayu. Mudah-mudahan khusnul khotimah dan masih banyak karya beliau yang belum kita lihat, mudah-mudahan itu bisa jadi kenangan," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya