Bawakan Lagu 'Both Sides Now' di Grammy 2024, Joni Mitchell Dapat Standing Ovation

Joni Mithcell
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Showbiz – Joni Mitchell kembali memberikan penampilan bersejarah di Grammy Awards 2024. Musisi legendaris satu ini tampil mengagumkan untuk pertama kalinya.  Dalam penampilannya tersebut yang diselenggarakan di Los Angeles, AS, Mitchell terlihat tampil menawan sambil duduk di kursi singgasana mewah berwarna emas dan putih yang dikelilingi lampu gantung cantik untuk penampilannya yang begitu menyentuh hati.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Tak hanya itu, penampilannya kali ini juga dibalut dengan busana serba hitam serta sebuah tongkat yang berada di sebelah tangan kanan. Mitchell tampil membawakan lagu 'Both Sides Now' di panggung Grammy 2024. Penampilan pemain legendaris itu diperkenalkan oleh Brandi Carlile. 

“Entah kita menyadarinya atau tidak, siapa pun di sini yang pernah bermimpi menjadi penyanyi-penulis lagu yang benar-benar mengungkapkan dirinya, berhasil mewujudkannya dengan berdiri di pundak salah satunya, Joni Mitchell,” kata Carlile, 42 tahun.

Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

Joni Mithcell

Photo :
  • Istimewa

“Joni adalah salah satu pencipta paling berpengaruh dan dermawan secara emosional dalam sejarah manusia,” lanjutnya. 

Viral di TikTok, Begini Lirik Lagu Down Bad by Taylor Swift

“Dia mendefinisikan ulang tujuan sebuah lagu untuk mencerminkan isi jiwa seseorang dan sebelum dia mengambil lompatan ini, lagu populer itu bersifat observasional. Lagu itu brilian dan berpengaruh, tentu saja, tapi risiko menggembirakan yang sekarang kita semua ambil dengan memutarnya sejauh yang saya tahu, Joni Mitchell yang melakukannya terlebih dahulu."

Pelantun "Big Yellow Taxi" ini naik ke atas panggung Grammy untuk pertama kalinya dalam kariernya selama ini. Untuk penampilan Mitchell seperti yang terlihat dari unggahan akun X @RealBrittain.

Dikutip dari People pada Selasa 6 Februari 2024, meskipun ini merupakan pertama kalinya Mitchell tampil di Grammy, namun ini bukanlah pertama kalinya ia menghiasi karpet merah Grammy.  Ia adalah pemenang Grammy Award 10 kali dan sudah dinominasikan sebanyak 18 kali.

Dia bergabung di atas panggung oleh Carlile, serta Jess Wolfe dan Holly Laessig dan lebih banyak musisi untuk penampilannya, yang membuat penonton berdiri untuk dan memberikan standing ovation.

​Kemenangan Grammy ke-10 Mitchell diraih pada hari Minggu dalam kategori 'Album Folk Terbaik' untuk Joni Mitchell di Newport [Live]. Nominasi lain dalam kategori ini termasuk Paul Simon untuk Seven Psalms, The Milk Carton Kids untuk I Only See the Moon, Dom Flemons untuk Traveling Wildfire, Rufus Wainwright untuk Folkocracy dan Nickel Creek untuk Celebrants.

Kemenangan tersebut menutup tahun yang spektakuler bagi penyanyi-penulis lagu legendaris, yang menandai penampilan live pertamanya dalam 20 tahun di Newport Folk Festival pada Juli 2022 (yang direkam dan dirilis dalam bentuk album tahun 2023). Penyanyi yang menderita aneurisma otak pada tahun 2015 ini mengatakan perlu beberapa waktu untuk kembali bernyanyi dan bermain gitar.

"Aku sedang belajar," katanya. 

"Saya melihat video yang ada di internet untuk melihat di mana saya meletakkan jari saya, Anda tahu. Sungguh menakjubkan betapa aneurisma bisa hilang bagaimana cara bangkit dari kursi!... Anda harus mempelajari kembali semuanya," kata Mitchell.

Dia juga menerima beberapa penghargaan termasuk MusiCares Person of the Year di Las Vegas, di mana dia dihormati oleh beberapa nama besar musik termasuk Lionel Richie, Brandi Carlile, Beck, John Legend dan Mickey Guyton.

“Kita semua adalah seniman yang lebih baik karena batasan yang berani Anda lewati,” kata Billy Porter menjelang penampilan mengharukan dari “Both Sides Now.” “Joni Mitchell, kamu luar biasa.”

Pada bulan Juni 2023, ia menjadi headline pertunjukan dengan tiket pertama dalam 20 tahun yang disebut “Joni Jam” di Gorge Amphitheatre di Quincy, Washington. Dia juga dijadwalkan untuk menampilkan pertunjukan Hollywood Bowl pada 19 Oktober.

Karena banyaknya permintaan tiket, dia bahkan menambahkan pertunjukan kedua pada 20 Oktober. Pertunjukan ini akan menjadi pertunjukan live pertamanya di Los Angeles sejak tahun 2000.

"Both Sides Now" ditulis pada tahun 1966 dan pertama kali direkam secara komersial oleh Judy Collins, yang memenangkan Grammy rekaman folk terbaik tahun 1969 untuk penampilannya. Mitchell merekamnya sendiri untuk album Clouds tahun 1969, yang memenangkan Grammy rekaman folk terbaik pada tahun 1970.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya