Siapa Sangka? Aktor Papan Atas Reza Rahadian Pernah Dibayar Rp 25 Ribu!

Reza Rahadian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

JAKARTA Reza Rahadian merupakan salah satu aktor Tanah Air dengan jam terbang yang cukup padat. Wajahnya sangat familiar karena telah mewarnai berbagai judul film terkenal hingga merebut berbagai penghargaan. Namun, siapa sangka ternyata perjalanan karier Reza Rahadian di industri perfilman benar-benar dimulai dari nol saat namanya belum dikenal oleh siapapun.

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Reza Rahadian mengungkapkan bahwa ia pernah ikut beberapa casting di tahun 2002. Sayangnya kemampuan beraktingnya saat itu kurang mumpuni dan bertahun-tahun lamanya Reza harus menunggu panggilan untuk bermain sinetron atau film.

Tiba lah saat di mana ia mendapatkan peran utama untuk sebuah sinetron di tahun 2005. Untuk pengalaman pertamanya itu, Reza Rahadian hanya mendapat bayaran ratusan ribu per episode.

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

"Gue pertama sinetron dulu tahun 2005, (bayarannya) Rp750 ribu. Pertama kali syuting, itu di luar ekstras ya. Ekstras tahun 2003-2004 di sinetron Bidadari, bayarannya Rp25 ribu dapat nasi kotak," kata Reza Rahadian, mengutip video YouTube Denny Sumargo, Selasa 13 Februari 2024.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Saat masih remaja, Reza Rahadian sendiri tak menyangka akhirnya bisa terjun ke dunia seni peran. Pasalnya, ia dulu fokus menggeluti dunia olahraga renang hingga hampir menjuarai kompetisi nasional. Tetapi ia gagal menjadi seorang atlet renang dan akhirnya banting setir mendalami dunia peran.

Semasa sekolah, pemain film Pasutri Gaje itu memang ikut dua ekstrakurikuler sekaligus yakni renang dan teater. Sadar telah gagal menjadi atlet renang, maka dari itu Reza Rahadian beralih ke teater.

"Karena gue suka teater, gue suka akting. Kalau berhasil (renang) mungkin gue melanjutkan jadi perenang profesional, tapi karena gagal ge harus memikirkan yang lain dong," jelasnya.

Untuk terjun ke dunia akting, Reza Rahadian juga punya pengalaman pahit di mana ia terang-terangan ditolak oleh rumah produksi. Bahkan, Reza Rahadian yang sudah mengantre berjam-jam untuk casting film pernah mendapati foto dan biodatanya dibuang ke tempat sampah oleh salah satu kepala rumah produksi.

Rasa kecewa tentu dirasakan hingga membuatnya hampir putus asa. Melihat berkasnya dibuang begitu saja, Reza Rahadian sempat berpikir tidak ada harapan juga baginya di industri seni peran.

"Ketika gue melihat foto gue, kan dulu kita buat foto dan di belakang ada biodata. Foto itu gue lihat di tong sampah ruang head of castingnya. Gue kayak 'wah itu filenya gue mungkin harus update'. Tapi fakta gue melihat momen itu agak waduh berarti gue nggak ada harapan sama sekali. Sakit hati lah pulang gue sedih," paparnya.

Beruntung, Reza memiliki sang ibunda yang selalu siap sedia memberikan inspirasi dan menjadi penyemangat agar ia terus maju meraih mimpinya. Berkat sang ibunda lah, Reza Rahadian kini bisa menjadi aktor terkenal yang menyabet berbagai penghargaan utama di industri perfilman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya