Akibat ACL Robek, S Coups SEVENTEEN Dinyatakan Bebas Wajib Militer

S.Coups Seventeen.
Sumber :
  • Instagram @sound_of_coups.

KOREA SELATAN – Kabar mengejutkan datang dari pemimpin boy group SEVENTEEN, S Coups, yang akan dibebaskan dari tugas wajib militernya.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Kabarnya, S.Coups telah resmi diklasifikasikan sebagai dari golongan Kelas 5. Agensinya, PLEDIS Entertainment, mengonfirmasi dengan pernyataan bahwa ia akan dikecualikan dari wajib militer karena cedera ACL yang dialaminya beberapa waktu lalu. Scroll untuk tahu cerita lengkapnya, yuk!

S.Coups mulanya mengalami cedera saat sedang syuting. Ia bermain bola kemudian mengalami kecelakaan yang tak diduga justru membuat ACL-nya robek. Kondisi tersebut di dunia olahraga Korea Selatan dianggap sebagai cedera yang cukup parah.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

"S.Coups mengalami cedera saat bermain bola saat pengambilan gambar konten pada Agustus 2023. Robek ACL dianggap sebagai salah satu cedera paling parah di dunia olahraga. S.Coups menjalani operasi rekonstruksi ligamen anterior dan ligamen kolateral lateral karena robekan ligamen anterior di lutut kiri. Karena kedua operasi tersebut dilakukan secara ekstensif, ia telah menjalani terapi rehabilitasi sejak tahun lalu, dan kini ia diklasifikasikan sebagai Kelas 5," kata PLEDIS Entertainment, melansir Koreaboo, Jumat 1 Maret 2024.

SEVENTEEN

Photo :
  • VIVA/ Rizkya Fajarani Bahar
Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Sebelum bergabung dengan wajib militer, para pria harus lebih dulu lulus pemeriksaan fisik. Nantinya, mereka akan ditempatkan dai salah satu dari 7 kategori. Sedangkan pria yang masuk ke dalam Kelas 5 ke atas, secara teknis dibebaskan dari wajib militer.

Namun hal ini berlaku ketika negara itu dalam kondisi yang damai. Apabila terjadi perang secara tiba-tiba, maka mereka tetap akan diminta untuk melakukan pekerjaan, mendukung militer, namun dianggap tidak mampu menjalani tugas aktif.

"Pasal 8 mengatakan bahwa semua laki-laki harus didaftarkan untuk dinas sipil pertama kali ketika ia mencapai usia 18 tahun. Pasal 12 menambahkan bahwa setelah dilakukan pemeriksaan fisik, wajib militer dinilai menurut kemampuan dan kebugaran jasmaninya. Mereka yang berada di kelas 1 sampai 4 didaftarkan ke militer atau peran pendukung lainnya berdasarkan kemampuan fisik dan kualifikasi mereka. Sebaliknya, mereka yang duduk di kelas 5 diharuskan melakukan pekerjaan untuk mendukung militer selama masa perang. Yang duduk di kelas 7 wajib diperiksa tahun berikutnya," bunyi keterangan KEI.

Bersamaan dengan pengumuman ini, pihak PLEDIS Entertainment juga meluruskan rumor bahwa SEVENTEEN akan segera comeback dengan lagu baru pada April 2024 mendatang.

"Jadwal comeback spesifik akan diumumkan secara resmi kemudian," kata PLEDIS Entertainment.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya