Lagi, Korban Bongkar Modus Praktek Pengobatan Palsu Gus Samsudin

Gus Samsudin
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA ShowbizGus Samsudin belakangan ini jadi sorotan lantaran video ceramahnya yang memperbolehkan suami dan istri bertukar pasangan. Dalam video juga diungkapkan bahwa hukum menukar pasangan suami dan istri diperbolehkan asalkan orang tersebut suka sama suka.

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Lantaran video tersebut, Polda Jatim menangkap Gus Samsudin untuk menjalani pemeriksaan dan penangkapan ini dilakukan Polda Jatim karena takut Gus Samsudin akan kabur. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Selama ini, Gus Samsudin terkenal sebagai orang yang memiliki kesaktian dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh hal gaib. Unjuk kesaktiannya tersebut kerap dijadikan konten di YouTube sehingga banyak orang yang percaya, dan datang langsung ke padepokannya.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Tak tanggung-tanggung, korban yang menjadi pasien Gus Samsudin pernah mencapai ratusan orang dalam sehari, yang berasal dari berbagai daerah, bahkan ada dari luar negeri.

Namun, praktik pengobatan yang dilakukan oleh Gus Samsudin tersebut dituding palsu dan Samsudin hanyalah seorang penipu berkedok agama.

Istri Ungkap Kondisi Terkini Parto Patrio Usai Jalani Operasi

Gus Samsudin dan Istri

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Namanya menjadi viral usai trik pengobatannya tersebut dibongkar oleh Marcel Radhival atau yang biasa dikenal dengan Pesulap Merah. Marcel mengaku membongkar trik-trik tersebut untuk mengedukasi masyarakat agar tidak sampai tertipu oleh dukun berkedok agama.

Terlebih, sampai mengeluarkan uang hingga puluhan juta Rupiah. Usai perseteruan dengan Pesulap Merah, timbul pro dan kontra di masyarakat, di mana banyak orang yang setuju dengan statement Marcel, namun sebagiannya masih percaya bahwa Samsudin merupakan orang yang memiliki kesaktian.

Tak hanya Marcel, mantan pasien Gus Samsudin mulai banyak yang speak up tentang pengalamannya ketika berobat ke Gus Samsudin. Salah satu pengakuan berasal dari Balena, wanita cantik yang juga merupakan seorang selebgram dan TikTokers terkenal.

Menurut pengakuannya, Balena sengaja mendatangi padepokan Gus Samsudin di Blitar untuk melakukan pengobatan spiritual akibat sakit yang diduga akibat terkena guna-guna.

Gus Samsudin Pamer Mobil Mewah Porsche 911 Turbo

Photo :
  • Tiktok: @nining_yuni_official

Balena merupakan wanita cantik kelahiran 27 Mei 1987 di Sukabumi, Jawa Barat. Gejala yang dirasakan Balena yaitu badannya terasa gatal-gatal. Ia sudah berobat ke dokter tapi tak kunjung sembuh.

"Badan aku gatel semua, nah akhirnya aku ke rumah sakit dong. Di rumah sakit dikasih obat alergi, obat gatel, dokter pikir aku alergi. Sudah minum obat tapi tidak sembuh-sembuh," kata Balena.

Kemudian Balena menelepon orang tuanya yang berada di Lampung. Kemudian ia dan orang tuanya datang berobat ke padepokan Gus Samsudin.

Menurut penuturannya, informasi padepokan Gus Samsudin tersebut diketahui ibunya dari YouTube. Orang tua Balena membawa anaknya ke Gus Samsudin karena mengira sakit yang diderita anaknya adalah penyakit non medis.

"Akhirnya aku telfon mama papa aku di Lampung, Sukabumi. Karena mereka panik, khawatir, akhirnya ibuku datang ke Jakarta," ujar Balena.

Gus Samsudin

Photo :
  • Tangkapan Layar

Ketika sampai di padepokan Gus Samsudin, ia dijelaskan dengan penyakit-penyakit yang dideritanya dan ditawarkan untuk melakukan pengobatan alternatif. Awalnya Balena ditawari untuk melakukan pengobatan tiga paket dan disuruh membayar Rp20 juta.

"Dikasih tiga paket. Awalnya dimintain tarif seharga 20 juta. Papa aku kaget, pengobatan apa mahal banget 20 juta," ujar Balena.

Setelah tidak setuju dengan harganya, kemudian pihak Gus Samsudin menurunkan harga menjadi Rp15 juta. Karena orang tua Balena masih keberatan, akhirnya mereka ditawari pengobatan seharga Rp5 juta.

"Adanya paket 15 juta. (kemudian) Ada yang di bawah itu harganya 5 juta. Saya yang 5 juta saja," kata Balena.

Menurut video yang diunggah Gus Samsudin, pengobatan Balena dimulai dengan bacaan lafadz Allah, bacaan ruqyah, dan lain-lain. Kemudian ibu Balena diminta untuk meraba kepala anaknya hingga keluar sebuah keris kecil dari rambut Balena.

Tak hanya itu, kepala Balena juga keluar asap ketika Gus Samsudin mengusap-usap kepalanya menggunakan air dari sebuah baskom. Setelah itu, Gus Samsudin juga melakukan pengobatan dengan cara menyentuh bagian perut Balena menggunakan jempolnya.

Samsudin alias Gus Samsudin digiring polisi di Polda Jatim.

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Balena mengaku ketika proses tersebut ia merasakan sangat panas di kulitnya. Dan pantas saja, kulit perutnya hangus dan melepuh seperti terkena benda panas.

 

"Sampai di rumah itu perut aku hangus, sampai berair," ujarnya.

Balena kemudian menyadari bahwa pada bajunya terdapat noda cap jempol dan seperti ada minyak di pakaiannya tersebut. Usai trik-trik Gus Samsudin terbongkar, diduga saat itu Samsudin menggunakan sebuah minyak yang bisa menyebabkan panas.

Balena juga mengaku membeli minyak panas tersebut di toko online untuk membuktikan apakah rasa panasnya sama atau tidak. Tak hanya itu, Balena juga mengaku diberi sebuah amalan atau kegiatan yang dilakukan.

Di antaranya mandi tengah malam selama tujuh hari hingga wiritan. Ia juga mengaku sakit atau masuk angin setelah melakukan mandi tengah malam seperti yang dianjurkan Gus Samsudin.

"Hari ketiga (mandi malam) itu nggak enak badan. Hari kelima drop, sakit gara-gara masuk angin," kata Balena. Itulah pengakuan wanita cantik asal Sukabumi setelah berobat ke Gus Samsudin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya