Penyanyi Asia Mulai Geser Dominasi Barat di Musik Dunia

EXO dalam acara Music Bank 2017.
Sumber :
  • Star Media Nusantara

VIVA – Dominasi penyanyi Amerika yang merajai blantika musik dunia tampaknya mulai sedikit tergeser. Sebut saja nama seperti rapper asal Indonesia Rich Brian, kemudian boyband asal Korea Selatan juga mulai merajai musik chart dunia. 

Ultah ke-22, Ini Jejak Perjalanan Karier Heeseung Enhyphen hingga Jadi Bintang K-Pop

Berikut ini sejumlah nama penyanyi dan grup musik asal Asia yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin 12 Februari 2018. 

Rich Brian

Bawakan Lebih dari 20 Lagu, TXT Puji Penggemar di Indonesia

Diawali dengan rapper asal Indonesia yang sukses menembus pasar Amerika. Tahun 2018 bisa dikatakan sebagai tahun terbaik bagi Rich Brian. Remaja kelahiran 1999 asal Jakarta ini berhasil mencetak sejarah sebagai artis Asia pertama yang menduduki posisi pertama di iTunes untuk musik hip hop melalui album perdananya di bawah label 88Rising bertajuk ‘Amen’.

Rich Chigga (Brian Imanuel)

Boyband Korea P1HARMONY Gelar Konser di Jakarta, Catat Tanggal dan Harga Tiketnya

Album ini menjadi salah satu yang paling dinanti pada 2018 dan mendapat sambutan yang luar biasa dari publik. ‘Amen’ menjadi album pertama Rich Brian setelah debutnya dengan mengunggah musik pertamanya berjudul ‘Dat Stick’ pada 2016 di Youtube. Video yang sempat viral di Tanah Air itu, kini telah ditonton lebih dari 84 juta kali.

Sejak Juli 2017, pemilik nama asli Brian Imanuel itu sudah berdomisili di Amerika Serikat. Sebelum merilis album debutnya, ia mengganti nama panggungnya, dari Rich Chingga menjadi Rich Brian.

BTS

Siapa yang tak kenal boyband asal Korea Selatan satu ini? Bangtan Boys atau biasa disebut BTS sukses menembus industri musik Amerika dengan empat album andalannya sekaligus, yakni ‘You Never Walk Alone’ mendapat peringkat 61 di Top 200 Billboard. 

‘HwaYangYeonHwa Part 2’ berada di posisi 171 saat Desember 2016, ‘Young Forever’ pada Mei 2016 menduduki posisi 107 dan ‘Wings’ di Oktober 2016 berada di posisi 26.     

Berbagai prestasi pun dicapai oleh BTS, seperti meraih trofi kemenangan untuk nominasi "Top Social Artist" di ajang 2017 Billboard Music Award dan sukses menggeser pesaingnya para musisi-musisi papan atas, seperti Justin Bieber, Selena Gomez, Ariana Grande, dan Shawn Mendes.

BTS boygroup Korea Selatan membuat gebrakan baru di posisi 10 besar chart Billboard, karena album baru dari grup yang terdiri atas tujuh anggota tersebut. 'Love Yourself: Her', debut di chart billboard 200 peringkat ketujuh dengan 31 ribu unit.

G-Dragon

G-Dragon BIGBANG menjadi penyanyi solo Korea pertama asal agensi YG Entertainment  yang berhasil tercatat dalam ‘Billboard Hot Tours’, yaitu jumlah penonton Konser terbesar di Amerika.

Konser G-Dragon di ICE BSD

Dalam tur solonya, G-Dragon berhasil mengumpulkan lebih dari 9 ribu penonton di MOTTO Los Angeles. Jumlah ini merupakan yang cukup besar untuk penyanyi solo, mengingat konser grup KPop terbesar di Amerika Serikat dipimpin oleh BIGBANG dengan 13.361 penonton pada dua tahun lalu.

EXO

Boy Grup asal SM Entertainment ini membuat rekor pribadi di chart Billboard 200 lewat album mereka yakni ‘The War’. Billboard pun mengumumkan jika EXO menduduki peringkat 87 di chart Billboard 200.

Hal tersebut merupakan peringkat tertinggi EXO di chart Billboard 200 sejak mereka debut pada 2012. Sebelumnya, peringkat tertinggi mereka adalah 95 yang didapat lewat album ‘Exodus’ yang membuat EXO semakin dikenal di Amerika Serikat.

Ini bukanlah satu-satunya catatan terbaik EXO di Billboard lewat ‘The War’. Sebelumnya, EXO juga tercatat berhasil memuncaki chart World Albums dan tiga lagu dari ‘The War’ masuk dalam chart World Digital Song Sales.

Penulis: Putri Dwi Rahmadani/VIVA.co.id 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya