Grup Musik Asal Bandung ini Wujudkan Mimpi Lewat ‘Fantasi’

Grup Musik Jave
Sumber :
  • Ist

VIVA – Kuartet asal Bandung, Jave, merilis karya pertama mereka berjudul Fantasi. Sebelum resmi dikeluarkan, Fantasi menempuh proses yang cukup panjang. Lagu itu sudah ada sejak pertengahan 2019. Namun baru saat ini, band yang beranggotakan Kevin (Vocal), Reza (Keyboard), Adijon (Bass), dan Ryan (Drums) mewujudkan fantasi mereka.

Banyak yang Gak Sadar, 13 Band Ini Punya Personel Kakak Adik

Lagu tersebut sekaligus jadi tempat Jave mencurahkan keresahan mereka tentang keinginan seseorang untuk mendapatkan sesuatu dengan semua ekpektasi yang dimilikinya, yang dimana hal itu belum tentu terjadi.

“Jika kita gambarkan dalam kondisi milenial saat ini, banyak sekali orang-orang hanya memiliki fantasi tinggi yang juga hanya bisa mereka pendam sendiri dan berpotensi untuk menjadi suatu kebiasaan yang tidak baik dalam usaha merealisasikannya atau bahkan bisa menjadi isu mental health yang mulai marak belakangan ini,” Ujar Kevin dalam keterangan media, Senin, 9 Maret 2020.

Papua Original Band Lestarikan Budaya Lewat Lagu Baru

Jave menggambarkan lagu yang berdurasi tiga menit dan delapan belas detik itu akan membawa pendengar seolah menjelajahi sebuah wahana bernuansa karnival dipadukan dengan aransemen brass band yang menjadikan lagu ini mempunyai dua mood yang berbeda, gelap dan terang diwaktu yang bersamaan. Lagu itu juga mereka sebut mengusung tema musik eksploratif pop.

Leih jauh, mereka membagi Fantasi dalam beberapa fase, di bagian verse pertama Jave mengajak untuk ikut bertanya dan mencari jawaban atas angan-angan seseorang manusia dalam menemukan tambatan hatinya. Verse kedua seolah memberi kita langkah konkret dan keberanian mendobrak hal-hal yang seharusnya kelak bisa diwujudkan.

Skascoot Percaya Penjualan Album Fisik Masih Berjaya

“Bermimpi adalah hal yang harus dilakukan oleh manusia, itu yang kadang bisa ngebuat kita merasa hidup seutuhnya, nah tinggal cara untuk mengejar mimpi-mimpi itu yang harus dikembalikan ke pribadi masing-masing, memilih mau optimis atau enggak, mau berusaha atau enggak,” kata Adijon.

Secara keseluruhan, Fantasi menyampaikan mengenai optimisme. Jave ingin menyebar luaskan hal tersebut. Karena menurut Jave, sikap optimisme jadi hal berharga saat berusaha keluar mengejar mimpi-mimpi, termasuk mengejar cinta.

“Bagian reff dari Fantasi berhasil mengemas dengan baik kondisi tersebut. Usaha mengejar mimpi artinya bergerak lebih jauh lagi dengan alih bisa melihat dunia dengan sudut yang lebih baik,” kata Kevin.

Dalam peluncuran single perdananya, Jave turut berkolaborasi dengan musisi ternama kota kembang, beberapa diantaranya Charly Septian (Gitar), Billy Ramdhani (Saxophone, Mix and Master Engineer) Wisnu Mawl (Trumpet) dan Aldi (trombone).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya