Dalam 7 Hari, Rapper Indie Indonesia Ini Tembus 10 Ribu Views YouTube

Kirnath
Sumber :
  • Dokumentasi Kirnath

VIVA – Tak banyak yang tahu bila ternyata Indonesia memiliki cukup banyak penyanyi rapper. Selain penyanyi nasional dan yang sudah go internasional seperti Rich Brian, tak sedikit pula dari rapper indie.

Kanye West Dilaporkan Akibat Diduga Meninju Pria yang Melecehkan Istrinya, Bianca Censori

Salah satu rapper indie Indonesia yang sudah menelurkan beberapa karya adalah Kirnath. Pria asal Tangerang ini cukup berprestasi sebagai rapper.

Salah satunya saat pertama kali merilis single lagunya yang berjudul Sad But Chill, sukses tembus hingga 225 ribu views di Spotify. Jumlah yang cukup memuaskan bagi penyanyi indie Indonesia. Terlebih, pendengar lagunya itu lebih banyak berasal dari US dan Rusia.

G-Dragon BIGBANG Bakal Comeback ke Dunia Musik Secara Global Pertengahan 2024

"Wah, dari situ gue gak expect banyak dan ternyata hasilnya di luar ekspektasi gue. Single itu tembus 225 ribu views di Spotify dan dapat feedback yang positif banget. Kebanyakan pendengar gue berasal dari US dan Rusia," kata pria bernama asli Muhammad Indra Purnama itu.

Setelah berhasil dengan single pertamanya itu, Kirnath memberanikan diri merilis lagu keduanya berjudul Ex. Namun sayang sekali, lagu keduanya itu tak sesukses yang pertama.

Pangeran Harry Terseret Kasus Dugaan Perdagangan Seks dan Pedofilia Sean Combs!

Ia mendapat begitu banyak kritik karena dinilai lagunya tak begitu mantap, khususnya tentang mixing dan mastering yang dinilai kurang. Kirnath sangat terpukul dan down melihat kenyataan tersebut.

"Gue sangat kecewa, terpukul dan malu. Nah lalu gue putuskan untuk narik single itu di mana-mana. Gue selalu pegang motivasi bahwa semua orang pernah jatuh, tinggal orang itu mau bangun lagi atau mau jatuh selamanya," ujarnya.

Dari kesalahan itu, Kirnath belajar banyak hal terutama dalam pembuatan lagu. Meski sempat jatuh, pria kelahiran 1999 itu menguatkan diri untuk bangkit dan kembali merilis lagu.

Lalu ia kembali mencoba merilis lagu yang berjudul Same Story Different Girl. Beruntungnya, feedback yang ia dapatkan cukup bagus dan banyak orang suka lagunya itu.

Melihat peluang yang cukup bagus, Kirnath kembali merilis lagu ketiganya berjudul $ticks. Lagi-lagi ia mendapat sambutan yang hangat dari pendengar. Bahkan sampai tembus sebanyak 10 ribu views dalam 7 hari pertama AMV di YouTube.

"Dan yang terbaru lagi gue rilis Feelz itu lagu tentang perasaan gue aja, sih. Itu baru rilis, bisa langsung dengerin aja," katanya antusias.

Kirnath ingin karya-karyanya dikenal banyak orang, sehingga ketika ia tutup mata nanti karyanya masih ada dan dinikmati pendengarnya. Kedepannya, ia ingin lebih serius berkarir agar bisa mewujudkan mimpinya go internasinal dan bertemu dengan orang-orang hebat di sana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya