Ahmad Dhani Hingga Piyu Padi Buat Asosiasi untuk Perjuangkan Hak Pencipta Lagu

AKSI.
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

JAKARTA – Hari ini Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI) resmi dideklarasikan. Asosiasi ini dibentuk salah satunya untuk melindungi dan membela hak-hak pencipta lagu, baik itu hak eksklusif yang berupa hak moral dan hak ekonomi yang pada akhirnya dapat memberikan keadilan dan kesejahteraan bagi pencipta lagu di masa depan. 

Awan Senna Luapkan Isi Hati Menyentuh di Lagu Jangan Pergi

“Kegiatan banyak aksi kegiatannya dalam usahanya untuk memperbaiki nasib komposer seluruh Indonesia. Upayanya untuk meningkatkan kemakmuran daripada produser seluruh Indonesia,” kata Ketua Dewan Pembina AKSI, Ahmad Dhani, dalam konferensi pers di daerah Kwitang Jakarta Pusat, Senin 3 Juli 2023.

AKSI.

Photo :
  • VIVA/Isra Berlian
Rewind Rilis Lagu Tergesa-gesa, Maknanya Dalem Banget!

Sementara itu, Ketua Umum AKSI Piyu Padi menjelaskan bahwa AKSI ini akan lebih kepada untuk menjadi lembaga pengawasan. Mengingat belakangan ini isu-isu terkait multitafsir beberapa pasal di Undang Undang Hak Cipta yang memberikan kesan bahwa pencipta atau pemegang hak cipta seolah-olah kehilangan hak eksklusif ya terkait karya cipta mereka. 

“Ini lebih kepada asosiasi tindakan moral dan juga pengawasan. Apa yang selama ini terjadi, kita melihat pemungutan dan pendistribusian tidak berlalu begitu saja jadi kita akan menggiring atau membawa ini untuk supaya nanti tidak perlu lagi ada gesek gesekan lain antara pencipta lagu atau penyanyi,” ujarnya. 

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Sementara itu, Sekjen AKSI, Badai mengungkap bahwa nantinya pihaknya juga akan mendorong perubahan regulasi salah satunya terkait dengan perolehan royalti pencipta lagu.

Ahmad Dhani.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

  

“Nah aksi ini akan menjadi lembaga pengawasan bagaimana mendistribusikan. Kemudian kita mendorong perubahan dalam regulasinya, UU Hak Cipta, lalu ada PP Nomor 56 yang masih banyak kekurangan di dalamnya, kita ingin mengubah itu, ada audiensi dan advokasi,” ujarnya.

Sementara itu, rencana tersebut akan dilaksanakan setelah masa pemilu usai.

“Ini akan kita bawa untuk masuk ke Prolegnas (Program Legislasi Nasional) tapi kan ini 2023 mendekati pemilu, kita akan melaksanakan itu nanti, tapi saat ini kita bangun fondasinya supaya komposer punya komunitas,” ujarnya.

Sementara itu hingga saat ini anggota AKSI sendiri sudah tercatat sebanyak 44 orang.

"Sampai hari ini 44 komposer ya mudah mudahan nanti akan bertambah. Ya kalau mereka nggak butuh kami kita juga nggak maksa dia. Kita nggak maksain gitu,” kata Ahmad Dhani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya