Konser 'The Eras Tour' Taylor Swift Ciptakan Getaran Setara Gempa Magnitudo 2,3

Taylor Swift.
Sumber :
  • AP Photo

Seattle – Hentakan kaki dari puluhan ribu penonton menyebabkan tanah bergetar saat berlangsungnya konser The Eras Tour, Taylor Swift di Stadion Lumen Field, Seattle, Amerika Serikat Sabtu, 22 Juli 2023 lalu.

5 Motor Baru Harley-Davidson Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp800 Jutaan

Saking kerasnya getaran, seismometer yang berada di wilayah sekitar menangkap sinyal setara dengan gempa bumi berkekuatan magnitudo 2,3 SR, tepat saat Taylor Swift naik ke atas panggung.

Taylor Swift.

Photo :
  • AP Photo
Niall Horan Meleleh Bacakan Tulisan dari Penggemar, Ada yang Sampai Absen Rapat sama Bos!

Ahli seismologi, Jackie Caplan Auerbach mengatakan guncangan yang timbul dari hentakan kaki para penonton konser dua kali lebi besar dari ‘beast quake’.

Best quake merupakan gempa binatang yang terjadi pada 2011 silam, ketika penggemar Seahawks meledak setelah touchdown (mencetak gol) terlambat yang dilakukan oleh Marshawn Lynch.

Berasa Nostalgia, Niall Horan Bawakan Lagu One Direction "Night Changes" pada konsernya di Jakarta

"Guncangannya dua kali lebih kuat dari 'Beast Quake'," kata Caplan Auerbach dikutip dari MARCA, Minggu, 30 Juli 2023.

“Perbedaan utama adalah durasi getaran. Bersorak setelah touchdown berlangsung selama beberapa detik, tapi akhirnya mereda. Jauh lebih acak daripada konser. Untuk Taylor Swift, saya mengumpulkan sekitar 10 jam data di mana ritme mengendalikan perilaku,” sambungnya

Menurut Caplan, kemungkinan penyebab getaran itu adalah kombinasi musik dari sound system konser dan penggemar Taylor Swift yang menari selaras dengan alunan musik.

"Musiknya, pengeras suaranya, iramanya. Semua energi itu dapat mendorong ke tanah dan mengguncangnya,” kata dia

Menariknya, getaran itu terjadi di dua malam (tanggal 22-23 Juli) selama konser tersebut berlangsung. “Saya mengambil data dari kedua malam konser dan dengan cepat menyadari bahwa mereka memiliki pola sinyal yang sama. Jika saya menumpangkannya di atas satu sama lain, keduanya hampir sama,” papar Caplan

Kendati demikian, getaran saat konser Taylor Swift ini bukan satu satunya di dunia, hal serupa juga pernah tercatat seismometer saat The Weeknd bermain di Lumen Field 25 Agustus 2022 lalu.

Namun, kata dia, getaran saat konser The Eras Tour Taylor Swift adalah yang terbesar.

Taylor Swift

Photo :
  • YouTube Taylor Swift

Respons Taylor Swift

Mengetahui konsernya berlangsung sangat meriah bahkan sampai menimbulkan getaran menyerupai gempa, Taylor Swift mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada para penggemarnya.

Selain itu, Swift juga mengaku sanat tersentuh dengan antusiasme para penggemarnya. Dia mengungkap rasa terima kasihnya melalui unggahan Instagram beberapa hari lalu.

Dalam penyampaiannya, Swift mengatakan sangat berterima kasih atas partisipasi para penggemar yang intens, teriakan penggemar yang sangat keras, sorak sorai, melompat bersama dan bernyanyi bareng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya