Kristina Jelaskan Makna Sakau di Lagu Terbarunya

Kristina
Sumber :
  • VIVA / Ichsan Suhendra

JAKARTAPedangdut Kristina, baru-baru ini merilis versi daur ulang dari lagu lama berjudul Sakau, yang sebelumnya dipopulerkan oleh almarhum Meggy Z. Dari judulnyam tak heran ada stigma negartif yang melekat pada kata tersebut.

Rewind Rilis Lagu Tergesa-gesa, Maknanya Dalem Banget!

Namun Kristina dengan tegas menyatakan bahwa makna dari lagu Sakau sama sekali tidak memiliki arah yang negatif.

"Jadi maksudnya itu adalah sakit karena dikau," ungkap Kristina saat diwawancara di kediamannya di kawasan Plumpang, Jakarta Utara, baru-baru ini.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Ia juga menuturkan alasan di balik keputusannya untuk mendaur ulang lagu tersebut. Kristina sudah dekat dengan karya Meggy Z sejak tahun 90an.

Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

"Lagu Sakau yang saya nyanyikan ini pernah dipopulerkan mendiang ayah Meggy Z dan sekarang saya nyanyikan ulang. Memang lagu ini pernah dipopulerkan oleh almarhum Meggy Z. Kenapa saya menghadirkan kembali lagu ini? Karena pada awal kemunculan saya di tahun 98, saya sudah dekat dengan karya-karya Ayah (Meggy Z)," kata Kristina.

Perjalanan Kristina di dunia musik Indonesia memang diwarnai dengan lagu-lagu milik Meggy Z. 

"Saat itu, saya menyanyikan lagu Berakhir Pula versi ceweknya," ungkap Kristina, merujuk pada awal kariernya.

Kemudian Kristina meraih popularitas melalui lagu Jatuh Bangun.

Kristina

Photo :
  • VIVA / Ichsan Suhendra

"Banyak yang tidak tahu kalau lagu-lagu yang saya nyanyikan ulang itu adalah daur ulang dari lagu-lagu ayah Meggy Z. Hingga akhirnya saya disebut sebagai 'Meggy Z versi cewek'," ujar Kristina dengan senyum.

Lebih lanjut, Kristina menjelaskan alasan memilih lagu Sakau untuk menjadi bagian dari mini album terbarunya. 

"Terus kenapa saya memilih 'Sakau'? Karena judulnya sangat nyentrik, walaupun memiliki konotasi negatif, namun sebenarnya adalah singkatan dari 'Sakit Karena Engkau'. Saya sempat berpikir untuk membuat lelucon dengan berfoto seolah-olah sakau, tetapi khawatir media sosial menjadi ramai dan menimbulkan kesalahpahaman," kata Kristina lalu tertawa.

Kristina juga menegaskan dalam daur ulang ini, ia mencoba menghadirkan nuansa musik dangdut dengan gaya khasnya.

"Khas suara dan aransemen musiknya sedikit berbeda, aku hadirkan dangdut grande. Karakter musik ayah Meggy memang berbeda dengan karakter musik saya," ujar Kristina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya