Tyo Nugros Bentuk Band Baru Direct Action, Gandeng Joseph Saryuf

Tyo Nugros dan Joseph Saryuf.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi.

JAKARTA – Drummer ternama Tanah Air, Tyo Nugros bekerja sama dengan Joseph Saryuf, membentuk duo electro rock band bernama Direct Action. Ini merupakan sebuah gebrakan dalam genre musik electro rock di Indonesia. 

Virzha Resmi Menikah dengan Sausan Sabrina, Personel Dewa 19 Ucapin Selamat

Tyo dan Joseph yang tergabung dalam Direct Action kemudian merilis EP (Extended Play) atau mini album bertajuk Polydemic di bawah label Sinjitos Collective. EP ini berisikan dua lagu yang kental dengan nuansa elektro, berjudul Polydemic dan Masonethics, dengan durasi tiap lagu lebih dari 6 menit. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Polydemic yang menjadi leading single dalam EP ini, memberikan pesan dalam tiap aransemen bahwa suatu hal yang berurutan, tertata rapi, dan terkonstruksi, dengan mudahnya dan sekejap mata, bisa menjadi berantakan, kacau, dan abstrak. Dan sebagai manusia, konstruksi dan dekonstruksi adalah bagian dari kehidupan yang tidak dapat dilepaskan.

Rewind Rilis Lagu Tergesa-gesa, Maknanya Dalem Banget!

"(Lagu) ini menceritakan kehidupan dari lahir membangun sesuatu dan menghancurkan lagi dan membangun lagi seperti siklus kehidupan, manusia itu secara kehidupan seperti itu. Di lagu ini dari tenang lalu naik memuncak," kata Joseph Saryuf pada saat konferensi pers di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 22 Agustus 2023. 

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Tyo pun menjelaskan arti kata Polydemic itu sendiri.

"Polydemic dari dua pola ketukan beda bisa lebih dan dijadikan satu. Benturan dua ketukan berbeda," kata Tyo. 

"Demic dari pendemi karena kita buatnya saat pandemi, buat sesuatu yang mengandung unsur polyrhtym yang kental di saat pandemi jadinya seperti ini,” tambahnya.

Tyo merasa tertarik dengan proyek ini karena dinilai tidak meniru siapa-siapa. Sebagai musisi, Tyo juga mengaku belum pernah mendengar sebelumnya. Lagu Polydemic dirilis tanpa vokal dan hanya lantunan musik saja, meski begitu sudah bisa menyentuh hati.

"Tertariknya karena ini berdua dan benar-benar saat saya dengar materinya ini tidak meniru siapa-siapa dan saya gak pernah denger sebelumnya, saya akhirnya memainkan permainan saya," kata Tyo.

Tyo Nugros

Photo :
  • Instagram: Tyo Nugros

Sebagai pembawa genre musik Electro Rock di Indonesia, Direct Action memiliki harapan besar akan musik mereka dalam EP Polydemic. Tyo berharap dengan hadirnya Direct Action bisa membuka wawasan masyarakat tentang musik Electro Rock.

"Semoga band kami dan lagu ini bisa membuka wawasan masyarakat tentang keberadaan musik Electro Rock di Indonesia. Dan kami juga ingin menunjukkan kepada dunia bahwa, Indonesia bisa membuat musik seperti ini. Sudah saatnya kalau dunia lagi membicarakan Electro Rock atau Math Rock, Direct Action masuk dalam pembicaraan itu. Dan akan lebih baik lagi, jika Direct Action malah menjadi pendorong adanya pembicaraan tersebut,” kata Tyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya