Rayakan 24 Tahun Berkarya, Rieka Roeslan Curhat saat Pisah dari The Groove

Rieka Roeslan.
Sumber :
  • VIVA/Rizkya Fajarani.

JAKARTA – Dalam rangka merayakan perjalanan panjang 24 tahun berkarya di industri musik Tanah Air, penyanyi senior Rieka Roeslan merilis lagu terbaru berjudul "Sepi". Ia meneruskan keinginannya untuk bercerita tentang karya-karyanya yang ia sampaikan dalam bait lagu menyentuh hati.

Rewind Rilis Lagu Tergesa-gesa, Maknanya Dalem Banget!

Rieka Roeslan sebelumnya telah mengeluarkan single solo berjudul Khayalan di tahun 2022 dan single berjudul Dahulu di 2023. Kini, lagu Sepi diciptakan untuk mantan band yang ia dirikan dahulu, The Groove, dengan genre acid jazz. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

Sebagai bagian dari merayakan perjalanan kariernya, Rieka Roslan akan meluncurkan satu per satu single hits yang dia ciptakan dan seluruh hits ini akan dikompilasikan dalam vinyl (piringan hitam) album "Story of My Life: Rieka Roslan" yang akan dicetak sangat terbatas.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Sepi dipilih sebagai lagu hits ketiga yang diluncurkan agar masyarakat bisa lebih mengenal perjuangan seorang composer atau penulis lagu yang jarang di ingat oleh pendengar walaupun lagu-lagunya mengisi hari-hari mereka.

Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

Rieka Roeslan mengungkapkan saat ia menulis lagu Sepi itu, ia membayangkan bagaimana suasana hatinya 2 tahun belakangan ini saat vakum dari panggung terutama setelah berpisah dari The Groove usai 26 tahun bersama-sama.

"Waktu saya tulis Sepi itu, aku ada di titik, kenapa sih manusia itu ada kekosongan. Kemarin pun, 2 tahun ini saya merasakan, 26 tahun The Groove itu kita keluarga. Pasti ada, rasa biasa bareng, terus enggak ada. Saya mau mengeluarkan Sepi ini sekarang, supaya sudah. Tahun depan saya mau bawakan lagu yang lain," kata Rieka Roeslan, saat ditemui di kawasan Pondok Pinang, Jakarta, Rabu 13 Desember 2023.

Rieka Roeslan tak memungkiri bahwa ia juga merindukan tampil di atas panggung. tetapi, ia sendiri juga mau move on dari kondisinya saat ini dan melanjutkan hidup ke depannya. Ada beberapa lagu populer milik Rieka Roeslan yang sejauh ini masih sangat populer seperti Izinkan Aku Menyayangimu, Coba Setia, dan Arti Mencinta.

Rieka Roeslan mengungkapkan bahwa ia terbiasa menulis lagu berdasarkan pengalaman hidupnya. Seperti saat hidupnya sedang melewati masalah, maka Rieka Roeslan mencurahkan isi hatinya itu dalam bait-bait lagu.

"Saya sudah move on, mau melanjutkan hidup, saya mau berkarya, karena ternyata lagu saya masih banyak," ujar Rieka Roeslan.

The Groove dan Iwa K

Photo :
  • Ist

"Aku itu kalau hidup lagi nggak menyenangkan, aku banyak nulis. Udah jadi beberapa lagu baru, yang lama kepending karena masalah, aku keluarkan secepatnya. Mungkin per dua bulan sekali mau keluarin baru," sambungnya.

Di samping itu, Rieka Roeslan juga memerhatikan masalah-maslah di industri musik yang berkaitan dengan isu seputar hak cipta, royalti, dan peraturan perundang-undangan. Dari situlah, terbentuk Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI) yang bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak pencipta lagu agar dapat lebih dihargai dan tidak dipandang sebelah mata di dalam industri musik Indonesia. Kesibukan Rieka Roeslan dalam perkumpulan itu membuatnya lupa mengeluarkan lagu-lagu terbarunya. Hingga akhirnya kini ia baru sempat merilis lagu Sepi.

"Sebagai pencipta lagu saya memiliki kegelisahan. Oleh karena itu, saya ingin mengedukasi generasi muda agar dapat lebih menghargai pencipta lagu dengan berusaha mencari tau siapa pencipta dari lagu-lagu yang mereka dengarkan,” ungkapnya.

“Selain itu, saya berharap single Sepi ini dapat diterima dengan baik oleh pendengar musik Indonesia terutama karena single ini saya persembahkan dengan aransemen baru yang menurut saya lebih cocok untuk generasi muda saat ini. Saya persembahkan Sepi sebagai momentum Rieka Roslan 24 Tahun Berkarya," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya