Tak Cuma Bajak Lagu 'Sial', Rama Chan Juga Dituding Mahalini Telah Palsukan Izin

Mahalini.
Sumber :
  • Instagram @mahaliniraharja

VIVA Showbiz – Penyanyi Mahalini Raharja murka lantaran lagunya dibajak oleh penyanyi bernama Rama Chan yang tanpa izin membuat versinya sendiri hingga diunggah ke platform musik Spotify. Bukan sekedar mencover lagu tersebut, Rama Chan juga mengklaim lagu itu adalah hasil produksinya sendiri secara keseluruhan.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Mahalini pun buka suara mengenai masalah hak cipta lagunya yang tiba-tiba diakui oleh orang lain itu. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Menurut Mahalini, Rama Chan telah memalsukan izin untuk mengubah daftar penulis, pembawa, hingga produksi lagu Sial.

Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

Mulanya, Mahalini mengira Rama Chan mungkin tidak paham tentang bagaimana ketentuan supaya lagu tersebut bisa dipublish. Tetapi setelah ditelusuri, rupanya Rama Chan juga bukan mengunggah hasil rekaman dirinya sendiri melainkan cover dari orang lain.

Mahalini.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi
Viral di TikTok, Begini Lirik Lagu Down Bad by Taylor Swift

"Awalnya mikir jangan-jangan emang dari pihak pengcover AKA Ramadhan (nama asli) itu ngga tahu apa-apa kali ya jadi niat cover eh dinaikin DSP (digital service provider) dan tambahin sebagai pencipta. Udah gitu bukan dia yang nyanyi, malah mencuri coveran orang pula," tulis Mahalini di Instagram stories, dikutip Senin 8 Januari 2024.

Mahalini mengungkapkan Rama Chan juga punya izin palsu yang diklaim berasal dari dirinya untuk kewenangan mengubah penulis, pembawa, dan produksi lagi tersebut.

"Dan tautaunya aku ada bukti di mana dia PALSUIN chat izin ke aku dan di chat tersebut aku bolehin naikin DSP dll. Yakali? (Kriminal gak si ini namanya)," ujarnya.

Mahalini.

Photo :
  • Instagram @mahaliniraharja

Mahalini menegaskan bahwa ia sama sekali mengizinkan penyanyi itu mengubah keterangan hak cipta lagu Sial di manapun. Bahkan, dijelaskan bahwa Rama Chan sebenarnya hanya meminta izin untuk cover lagu tersebut tetapi Mahalini juga belum membalas pesan dari Rama Chan itu.

"Dia emang chat aku DM tapi aku ga ada bales sama sekali dan chatnya cuma izin cover doang (aku ga bales karena emang ga liat)," kata Mahalini.

Kekasih Rizky Febian itu mengatakan bahwa ia sama sekali tidak keberatan penyanyi lain mengcover lagu-lagu miliknya. Hanya saja, ia tidak terima jika karyanya itu diakui sebagai hak milik oleh orang lain.

"Aku gak pernah masalahin (cover lagu) kaya ya udah sih, nyanyiin doang gitu dan aku malah berterima kasih banyak sama yang udah cover tapi secara baik. Tapi kalo ini?" kata Mahalini.

Ia pun berharap ke depannya pada musisi yang melakukan cover lagu bisa lebih berhati-hati saat mengunggahnya agar tidak terjadi masalah yang sama dengan penyanyi lainnya.

Kini, lagu Sial yang dicover oleh Rama Chan kabarnya sudah di take down dari platform hijau itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya