10 Tahun K-Pop ON!, Spotify Rilis Single Spesial dari ENHYPEN, SHOWNU X HYUNGWON, dan STAYC

K-Pop On
Sumber :
  • Dok.Istimewa

KOREA SELATAN – Hari ini, Selasa, 6 Februari 2024, Spotify mengumumkan anniversary K-Pop ON!, playlist global utama K-Pop yang didedikasikan untuk memberikan pendengar tempat untuk menemukan dan mendengarkan yang terbaik dari genre tersebut. 

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Untuk merayakan pencapaian ini, layanan streaming audio langganan terpopuler di dunia akan merilis serangkaian Spotify Singles dari beberapa artis, termasuk ENHYPEN, SHOWNU X HYUNGWON (dari MONSTA X), dan STAYC. Ini adalah ungkapan apresiasi terhadap semangat bersama untuk K-Pop dan semua artis yang terlibat.

Enhypen

Photo :
  • Allkpop
Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Dalam tema "My First K-Pop Crush", beberapa Spotify K-Pop ON! Singles akan menampilkan cover lagu dari sunbaes (artis senior) yang pertama kali menginspirasi mereka dalam bermusik di genre K-Pop. 

Tujuan dari ini bukan hanya untuk mengenang momen awal setiap penggemar K-Pop saat mendengarkan artis favorit mereka, di mana karisma dan pesona mereka menawan hati, tetapi juga untuk mengajak penggemar K-Pop merayakan semangat bersama melalui genre ini.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Spotify Singles untuk kampanye K-Pop ON! First Crush akan dirilis secara eksklusif di Spotify setiap dua minggu sekali, dimulai dengan rilis ENHYPEN pada tanggal 16 Februari. 

Spotify K-Pop ON! Single oleh SHOWNU X HYUNGWON akan menyusul pada tanggal 29 Februari, diikuti oleh rilis STAYC pada tanggal 15 Maret. Bersama dengan setiap rilis, pendengar juga dapat menantikan berbagai konten bonus eksklusif di Spotify K-Pop ON! Video Podcast dan channel YouTube. 

Mulai dari video pertunjukan hingga konten di balik layar, Spotify akan memperkenalkan penggemar K-Pop pada kisah para artis First K-Pop Crushes, makna di balik pemilihan lagu mereka, dan bagaimana artis asli dari lagu-lagu tersebut menginspirasi cerita mereka dalam dunia K-Pop.

“Selain memperingati komitmen kami untuk membantu K-Pop berkembang di seluruh dunia dan menghubungkan artis Korea dengan fans dan audiens baru, kampanye K-Pop ON! First Crush juga merupakan ekspresi bagaimana K-Pop menyentuh hidup kita, membawa kebaikan, dan menyatukan pendengar terlepas dari lokasi mereka atau bahasa yang mereka gunakan,” ujar Jungjoo Park, Head of Music Korea, Spotify. 

“Kami sangat senang dapat bekerja dengan ENHYPEN, SHOWNU X HYUNGWON, dan STAYC untuk membawakan Spotify K-Pop ON! Single pertama pada dunia, dan untuk memulai sebuah gerakan untuk merayakan cinta kita bersama pada genre ini,” imbuhnya.

Merayakan satu dekade membagikan K-Pop pada dunia 

K-Pop On

Photo :
  • Dok.Istimewa

Sebagai bagian dari upayanya untuk mendorong penemuan dan berbagi K-Pop kepada audiens global, Spotify meluncurkan playlist utama untuk genre ini pada tahun 2014.

Sejak saat itu, K-Pop ON! telah disimpan oleh 5.3 juta pengguna Spotify secara global dan telah mendapatkan miliaran pendengar bagi artis Korea, membantu memperluas genre ini melampaui batas regional, bahasa, dan budaya.

Sejak tahun 2015, jumlah pendengar tahunan dari playlist ini telah meningkat sebesar 5647%, dan pasar terbaiknya mencerminkan permintaan global terhadap genre ini, dengan Amerika Serikat, Indonesia, Filipina, Brasil, Meksiko, India, Malaysia, Thailand, Jepang, dan Jerman berada di peringkat 10 teratas.

Selain menjadi destinasi utama bagi para penggemar untuk bersatu dalam semangat yang sama terhadap genre ini, K-Pop ON! juga telah menjadi tempat penting bagi para artis untuk memperkenalkan musik mereka dan mencapai pendengar global.

Pada tahun 2023, Spotify memperluas K-Pop ON! dengan meluncurkan K-Pop ON! Video Podcast dan saluran YouTube. Dari konten game-show hingga wawancara, liputan di balik layar eksklusif, dan banyak lagi, saluran ini membawa penggemar lebih dekat dengan idola favorit mereka dan juga merilis musik terbaru dalam dunia K-Pop.

Kekuatan dari platform Spotify, yang secara sengaja mendorong penemuan musik, telah menghasilkan peningkatan besar dalam jumlah streaming K-Pop. Sejak tahun 2018, streaming K-Pop di Spotify telah meningkat sebesar 182% di Amerika Serikat, 423% di Asia Tenggara, dan 362% secara global.

Dari genre yang awalnya dinikmati secara regional, pasar ekspor terbesar K-Pop di Spotify sekarang terdiri dari Amerika Serikat, Indonesia, Filipina, Jepang, Meksiko, Thailand, India, Brasil, Malaysia, dan Kanada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya