Sosok Griselda Blanco, Ratu Kokain yang Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Serial Netflix

Griselda Blanco
Sumber :
  • Bazaar

VIVA – Baru-baru ini terdapat serial Netflix yang tayang pada 25 Januari lalu dengan judul ‘Griselda’, sebuah drama yang terinspirasi oleh kehidupan gembong narkoba. Sofia Vergara yang berperan sebagai Griselda Blanco pada serial dengan enam episode ini berkarakter menjadi manusia yang cerdas dan ambisius dan berhasil menciptakan salah satu kartel paling kuat dalam sejarah. 

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Berlatarkan Miami tahun 1970-an hingga 1980-an, serial ini diproduksi oleh Eric Newman dan disutradarai oleh André S Baiz. Tentu saja serial Griselda dikemas penuh dengan hal yang membuat penonton akan menggigit kuku akibat dunia kriminal yang penuh ketegangan.

Griselda Blanko

Photo :
  • Bazaar
Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Dilansir dari Bazaar, Vergara menjelaskan bagaimana ia berusaha keras untuk mengenal lebih jauh ciri khas dari peran yang akan dimainkannya sebagai Griselda Blanco. Ia mengungkapkan perlu banyak tes terhadap wig, hidung serta alis yang berbeda, bertujuan untuk mencocokkan karakternya pada film tersebut.

"Kami membutuhkan banyak tes untuk melihat wig yang berbeda, hidung yang berbeda, alis yang berbeda," jelasnya. 

Tanpa Dialog, Film Thriller 'Monster' Tayang di Netflix Mulai 16 Mei 2024

Siapa Griselda Blanco yang sebenarnya?

Lahir di salah kota Cartagena yang berada di Kolombia pada tahun 1943, Griselda Blanco akhirnya pindah ke kota lainnya, Medellín. Kota tersebut pernah dijuluki oleh majalah Time sebagai kota paling berbahaya di dunia. 

Ketika ia berusia 11 tahun, Griselda konon membantu menculik seorang anak laki-laki berusia 10 tahun dari keluarga kaya di daerah Medellín. Ketika keluarganya tidak mau membayar uang tebusannya, Griselda Blanco diduga menembak anak yang diculik itu. Dia juga dilaporkan menjadi pencopet dan pekerja seks. Tak hanya itu, ia kembali berulah dengan melarikan diri dari rumah pada usia 19 tahun.

Ketika dia masih remaja, Blanco menikah dengan seorang penjahat, Carlos Trujillo, dan pasangan itu dikaruniai tiga anak. Mereka kemudian bercerai, tetapi tetap berhubungan sebagai pasangan yang bekerjasama dalam dunia bisnis.

Pada tahun 1964, Griselda Blanco kembali berimigrasi secara ilegal ke Amerika Serikat dengan nama samaran dan dengan berbagai surat-surat palsu yang sudah ia buat.

Kemudian, ia menetap di Queens, New York, bersama ketiga anaknya dan suami keduanya, Alberto Bravo.

Seberapa terkenalnya Griselda Blanco?

Griselda Blanco

Photo :
  • Bazaar

Keberhasilan Griselda Blanco yang akhirnya mendapat julukan 'Janda Hitam' dan 'Ibu Baptis Kokain'. Hal itu pun menarik perhatian Badan Penegakan Narkoba AS (DEA). Pada April 1975, dia dan lebih dari tiga puluh sekawannya didakwa atas tuduhan konspirasi narkoba. 

Namun, Griselda Blanco berhasil lolos dari penangkapan dengan melarikan diri ke Kolombia. Griselda Blanco menuduh suaminya mencuri jutaan dolar dari perusahaan mereka sehingga membuat Blanco menembaknya hingga tewas.

Lalu, bagaimana Griselda Blanco meninggal?

Blanco tampaknya telah melepaskan kehidupan kriminalnya begitu dia kembali ke Kolombia. Namun pada tahun 2012, pada usia 69 tahun, dia ditembak oleh seorang pria bersenjata dengan sepeda motor saat dia tengah meninggalkan toko daging di Medellí.

Dia akhirnya disemayamkan di pemakaman Jardines Monte Sacro, tempat peristirahatan yang sama dengan saingannya, Pablo Escobar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya