PBESI Belum Beri Izin Bergulirnya MPL Season 12

Sekjen PBESI Frengky Ong.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Naufal

VIVA Sport – Turnamen MPL Season 12 masih belum mengantongi izin dari PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia). Padahal turnamen Mobile Legends bergengsi di Tanah Air itu diperkirakan mulai pada 13 Agustus 2023.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Sekretaris Jenderal PBESI, Frengky Ong yang mengatakan izin bergulirnya MPL Season 12 belum dikeluarkan. Alasannya publisher Mobile Legends Bang-Bang belum memenuhi persyaratan legal dan peraturan teknis yang ditetapkan PBESI.

"Sesuai undang-undang, liga itu harus mendapat izin dari cabang olahraganya, bukan esport saja, semua olahraga itu harus mendapat izin. MPL sudah mendapat izin belum untuk Season 12 nya? Belum," ujar Frengky.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Logo Mobile Legends

Photo :
  • U-Report

PBESI harus lebih dulu mengetahui beberapa hal penting di MPL ID. Salah satunya terkait dengan penggunaan uang yang disetorkan tim peserta kepada penyelenggara.

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Frengky Ong menolak anggapan publik yang menyebut PBESI sengaja menjegal MPL ID dengan tidak menerbitkan izin turnamen. Dia merujuk liga dari game lain, seperti Free Fire, PUBG Mobile, dan Valorant yang sudah berjalan.

"Kita selalu mengevaluasi apa yang sudah ada, apa yang sudah pernah terjadi, tentunya apakah liga itu bisa ditutup atau tidak, kita tidak punya wewenang untuk menutup, cuma yang punya wewenang hanya memberi izin atau tidak," kata Frengky.

PBESI menegaskan sikapnya ini berdasar dengan Undang-Undang untuk pembinaan dan pengelolaan esports di Indonesia. Pemberian izin perlu dilakukan guna mengedepankan prinsip check and balance.

Terkait dengan hal apa saja yang belum dipenuhi oleh MPL ID, PBESI menolak untuk memberitahukannya. Karena itu bersifat rahasia dan harus dipenuhi oleh Moonton secara pribadi, bukan publik. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya